Twitter Apps untuk Android


Awalnya gue mau ngebahas soal hasil kamera di Desire Z. Tapi berhubung di luar lagi hujan, gue jadi susah mau bikin perbandingan foto dan video outdoor. Jadi, gue duluin untuk artikel review mengenai applications. Kali ini gue akan membahas tentang Twitter client apps.

Sebelumnya gue adalah pengguna BlackBerry. Bagi gue aplikasi Twitter di BB yang paling bagus adalah UberTwitter (sekarang namanya UberSocial). Semua kebutuhan pertwitteran ada di aplikasi itu, navigasinya mudah, tampilannya cukup bagus untuk ukuran aplikasi BB, hampir ga pernah ada masalah, dan yang terpenting aplikasi tersebut gratis (ad supported). Jadi pas gue cari apps Twitter client untuk Android, benchmark gue adalah app tersebut harus senyaman ketika gue menggunakan UberTwitter.

App Twitter client bawaan di Desire Z gue ada dua: Peep (dari HTC) dan Twitter for Android (resmi Twitter). Jadi kita mulai dari dua apps ini.

Peep
Twitter client standar. Sangat tidak ada masalah, tapi gue ga merasa nyaman dengan app ini. Rasanya asing dan kurang cantik untuk ukuran aplikasi Android.

Twitter for Android
Twitter client resmi. Awalnya, boring banget dan ga lebih baik dari Peep. Tapi setelah gue update, tampilannya jadi lebih menarik. Untuk refresh ga perlu klik icon, cukup tarik timeline ke bawah dan lepas. Fungsi standar seperti RT, Reply, dll. muncul dengan cara swipe ke samping. Efek sliding ini simple tapi sangat menarik dan menyenangkan.

Twidroyd
Twitter client ini masih satu grup dengan UberTwitter. Dari segi fungsi dan sensasi penggunaan, app ini sangat mendekati UberTwitter. Sayangnya tampilannya bikin boring dan banner iklannya lama2 jadi ganggu.

TweetDeck
Gue sempat jadi pengguna TweetDeck yang setia di PC sebelum gue punya smartphone. Secara tampilan dan fungsi menurut gue adalah yang paling top. Versi Androidnya pun sama bagusnya. Fungsi dan sensasi bisa gue bilang paling menyenangkan. Tapi setelah gue install, gue sering ‘diserang’ dengan mention iklan. Maksudnya, ada orang ngemention gue tapi isinya iklan. Banner ad aja udah ganggu, ini lagi masuk2 ke mention.

TweetCaster
App ini bisa dibilang saingan head-to-head dengan Twidroyd. Tapi tampilannya kalah bagus. Device udah bagus, apps culun. Makasih deh…

Seesmic
Sewaktu gw masih pakai BB, Seesmic ini adalah saingan  terdekat UberTwitter. Tampilannya bersih karena sebagian besar latar warnanya putih. Untuk di Android, entah kenapa gue jadi merasa masih pake BB. Sugesti. Tapi jadi berasa ga pake Android.

Plume
App ini  termasuk bagus dalam penilaian gue. Secara fungsi dan sensasi, semua lampu hijau. Tapi lama2 koq device gue jadi berasa lemot kinerjanya. Uninstall, normal lagi. Aneh.

HootSuite
Inilah apps terbaik menurut gue kalo lo adalah seorang social media manager. Lo bisa terhubung ke berbagai social media, termasuk Twitter dan Facebook, bahkan bisa dipake mengelola Facebook fan page! Sayangnya, kinerjanya agak berat. Mungkin karena setiap kita klik sebuah tombol, app ini langsung sinkronisasi dengan server. Dan sayangnya lagi, kalau koneksi ke servernya lagi bermasalah, app ini bisa dibuka tapi sama sekali ga berfungsi. Sayang banget.

Twicca
App ini mungkin Twitter client yang paling sederhana. Saking sederhananya, semua bisa diakses dengan mudah dan cepat. Secara fungsi dan sensasi rasanya enteng dan menyenangkan. Sayangnya karena masih versi beta, backgroundnya cuma ada warna hitam. Jadinya lebih irit batre sih… :)

Kesimpulan gue, banyak aplikasi Twitter client yang baik untuk Android. Tapi mencari yang cocok itu pasti beda2 untuk setiap orang. Buat gue, pertimbangan utamanya tetap dari kacamata seorang pengguna biasa, yaitu: fungsi dan sensasi.

Pilihan gue untuk saat ini jatuh ke Twitter for Android dan Twicca. Di posisi runner up ada HootSuite dan TweetDeck. Kalau dari keempat nama itu gue bisa berkhayal untuk jadi satu aplikasi baru, maka gue pingin yang fungsinya seperti HootSuite, tampilannya seperti TweetDeck, ringannya seperti Twicca, dan sensasinya seperti Twitter for Android.

Kalau artikel ini bermanfaat, tolong bantu rate atau share ke Facebook/Twitter ya. :) Sampai ketemu di artikel berikutnya!

Tagged , ,

8 thoughts on “Twitter Apps untuk Android

  1. putra says:

    Kk. Saya jg pas mau pke twicca gagal mulu di license aggreement . Saya pake galaxy mini. Tmn saya galaxy mini jg. Tp dy bsa. Kok bsa gt ya?

  2. putra says:

    kk sya nyoba twicca tp pas license aggreement gagal mulu. gmn tu kk?

  3. dadikusuma says:

    Masi nyaman pake tweetdeck…simple.

  4. Bondanizer says:

    Gausah nghayal.. Twitbird paling OK tp buat Apple

Your comments

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 315 other followers

