Update MAF: Perbandingan Data Strava

header_mafupdate

Menjalani latihan lari, baik dengan metode tertentu atau mengikuti program, tentu kita ingin melihat hasil yang lebih terukur alias bukan sekedar feeling. Untuk itu kita perlu data yang bisa didapat dari pengujian / tes.

Terkait metode MAF, ada 2 cara pengujian. Pertama adalah tes MAF tradisional yang bisa dilakukan sebulan sekali. Dan yang kedua adalah tes MAF GPS. Di tulisan ini, saya menggunakan cara yang kedua dengan data dari Strava. Kita lihat data hasil latihannya.

Baca lebih lanjut

Menuju 50K Perdana

header_krb200

Sejak awal tertarik dengan dunia berlari, saya lebih banyak ‘meracuni’ diri dengan tontonan trail & ultra running dari The Ginger Runner di YouTube. Untuk Anda yang awam, jarak ultra itu artinya jarak di atas full marathon. 50 kilometer adalah jarak yang dianggap standar paling minimal untuk ultra. Dari pengalaman di Bali Marathon, saya semakin sadar akan betapa benarnya pepatah respect the distance. Karenanya saya ingin mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk 50K perdana ini.

Baca lebih lanjut

Update Latihan MAF – 2 Feb 2017

header_mafupdate

Hari Selasa yang lalu (31 Januari 2017), saya melakukan tes MAF pertama di GOR Soemantri Brodjonegoro. Namanya juga tes pertama, saya sama sekali nggak berharap apa-apa. Hasil tes ini nantinya jadi patokan awal terhadap perkembangan latihan MAF yang saya jalani.

Tapi quick blog kali ini bukan untuk membahas tes MAF-nya, karena sebaiknya ditulis di artikel terpisah supaya lebih fokus. Yang saya mau bahas adalah perkembangan diri yang saya rasakan setelah sebulan berlatih dengan MAF. Perkembangan ini sama sekali nggak pakai metode ilmiah, 100% berdasarkan perasaan (perceived effort).

Apa sih perkembangannya sampai harus ditulis di artikel sendiri?

Baca lebih lanjut