Mic Penting Buat Perform

Untuk seorang beatboxer, mic yang bagus adalah hal yang esensial untuk bisa ngasih performance yang bagus di atas stage. Tapi karena beatboxing adalah hal yang relatif baru bagi dunia panggung hiburan di Indonesia, maka kita nggak bisa 100% yakin bahwa mic yang disediain udah sesuai dengan kriteria kita. Soundman yang punya jam terbang tinggi juga nggak akan bisa ngebantu kita untuk bisa tampil optimal kalau mic yang kita pake udah gak layak. Dari dua performance terakhir gw di panggung, gw dapat dua pengalaman yang berbeda, dan inilah yang akan gw share dengan kalian.

Di performance yang pertama, gw dapet mic yang bagus plus soundman yang jempolan. Cukup dengan usaha yang biasa aja, suara yang keluar bisa dahsyat banget. Bahkan tingkat kepedean gw juga ikut terdongkrak karenanya. Sedikit gangguan cuma terjadi waktu masuk sesi group performance. Gw rasa penyebabnya adalah terlalu banyak mic di satu panggung kecil, 6 mics dgn stage sekitar 5 x 2 meter. Menurut gw, sebuah group performance itu maksimal 4 performer, yang artinya ada 4 mic di atas stage. Kalau dibreak down, 3 mic untuk beatboxer dan 1 mic untuk MC / beatboxer.

Di performance yang kedua, panitia bilang udah nyiapin 6 mic di panggung. 3 mic udah dipegang sama dAzeez, BdaBX dan Jevin, sementara gw sama Yori agak sibuk nyari mic sisanya di panggung. Yori akhirnya dapet 1 mic bagus terakhir dan gw harus puas dengan mic yang dipake untuk perkusi. Hasilnya, sound gw paling ancur. Hehehe…

Dari pengalaman kedua, gw notice banget bahwa mic yang dipake sama teman2 gw semuanya mic untuk vokal. Sedangkan yang gw pake adalah…, well buat gw sih itu mic2an. :P Dari bentuknya aja udah beda. Permintaan gw untuk adjustment ke soundman nggak membuahkan hasil yang baik. Dan dengan sangat terpaksa, gw harus puas dengan performance yang jauh di bawah standar. Kecewa? Jelas, tapi the show must go on. :)

Lalu bagaimana menyiasati hal seperti ini? Ada 3 hal yang bisa dilakuin:
1. Minta mic yang benar ke panitia. Pasti ada panitia yang stand by dan bisa bantu kita.
2. Kalo gak ada, test semua mic yang tersisa dan pake yang suaranya paling bagus.
3. Bawa mic sendiri.

Cara ketiga sebetulnya adalah yang paling ideal. Masalahnya, harga mic yang bagus itu nggak murah. Bisa nyampe di kisaran 1 juta rupiah satunya. Jadi, menabunglah dan beli yang bagus sebagai investasi. Rawat baik2 dan bawa terus mic itu ke mana pun kita perform. Tinggal cabut kabel dan colokin punya kita.

Mic untuk vokal ada banyak merek dan tipenya. Misalnya dari brand Shure atau Audio Technica (contekannya). Gw pribadi masih prefer Shure SM58. Harganya relatif mahal, tapi hasilnya memuaskan buat gw.

OK, mudah2an artikel kali ini berguna buat teman2. Keep spittin those beat! :D

2 thoughts on “Mic Penting Buat Perform

    1. sama. gw jg masih banyak bereksperimen koq sama mic. sampe saat ini, gw masih tergantung banget sama soundman yg bagus untuk dapetin yg terbaik dari mic yg ada.

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s