1st Timer on BlackBerry

No… Tenang aja. Gw belum punya BlackBerry. Ini lebih ke kisah gw yang dibikin pusing ampun-ampunan ngebantuin uwa gw (uwa = kakaknya bokap / nyokap in sundanese – red) mindahin data dari hape lamanya ke Gemini barunya.

Okay, jadi begini. Uwa gw terpancing sama kompor-kompor para keponakannya yang bikin group di BBM. Di FB aja ditimbrungin sama dia, ga mungkin dong doi mau ketinggalan di BBM. Jadilah kemarin itu gw sama 2 sepupu gw disuruh tuker tambah Samsung C6625 + Sony Ericsson C702 punyanya ke ITC Cempaka Mas. FYI, Samsungnya masih gres tapi karena dia ga ngerti makenya jadi disuruh dijual lagi.

Sebelum berangkat, gw diminta ngebackup semua data dari SE-nya ke komputer. Gw backupnya pake PC Suite bawaan si hape. Pulang dari Cempaka Mas, gw lagi dong pastinya yang kena tugas ngerestore data-data dari SE ke Gemini baru.

Shit happen #1! Ternyata uwa gw ga nyimpen nomer kontak sama sekali di SIM Cardnya dia. Lalu…

Jreng jreng! Shit happen #2! Gw baru tau kalo ternyata si SE PC Suite ga ngasih tau di mana nyimpen backup data di komputer. Maksud gw, foldernya ga ketauan yang mana. Gokil! Akhirnya gw berbrowsing ria untuk nemuin di folder mana nih si SE nyimpennya. Ternyata hasil browsingan gw menunjukkan bahwa file itu ada ada di x:/user/username/document/bla bla bla (ga inget gw… dan ga mau nginget-nginget hoek cuh!)

Shit happen #3! Mampus gila! Ternyata si SE ngesave contactnya jadi format TXT. Di pikiran gw, hare gene ngebackup contact pasti formatnya udah VCF dong. Tau VCF ga? Itu lho, kalo elo minta di-SMS-in nomernya orang, terus masuk SMS yg tulisannya ada begininya nih, “Begin VCard bla bla bla”. Browsing lagilah gw sampe otak rasanya dipelintir. Beberapa cara yang gw temuin akhirnya gw cobain. Gw berhasil nemu satu program yang tugasnya ngerubah VCF jadi IPD (format file buat phone book yang dikenali sama BlackBerry). Dan berdasarkan salah satu website, gw cobain tuh ngerename si TXT jadi VCF, terus gw convert jadi IPD. Gw buka BB Desktop Manager, coba import contact, dan BERHASIL!!! Horeee! Terdeteksi ada 190-an kontak baru di device. Yes! Gw cabut USB-nya dan cek langsung di Gemini…

Jreeennngggghhhh!!! Shit happen #4! Phone book terisi, tapi ga ada namanyahhhh!!! Okh nooooooooohhhhh!!! Blank semua, tapi kalo kita view detail, nomornya ada. Lah? Apa gunanya phone book yang penuh dengan nomor tapi GA ADA NAMANYA??!!

Pusing bacanya? Masih mending elo cuma kebagian pusing baca ceritanya doang. Oke, lalu bagaimana nih? Muter otak lagi dong pastinya. :P

Gw coba buka si TXT dan gw pehatiin di dalamnya semua VCard itu ada, tapi nyambung semua. Terus gw coba copy paste satu-satu ke notepad, mulai dari ‘Begin Vcard’ sampe ‘End Vcard’. Baru jalan bentar, gw berpikir, “PR banget. Useless nih. Kampret!”

Oke, ganti strategi! File TXT gw copy, terus kopiannya gw rename jadi VCF. Gw klik dua kali, dan kebukalah di Outlook. Tapi cuma ada 1 nama dan 1 nomor. Lho? Sepi bener? Yang lain pada ke mana? Ga ada pilihan next atau apa pun. Akhirnya gw tutup Outlooknya dan gw coba klik kanan si VCF. “Open with… Windows Contact. *click*” Muncullah pop up yang isinya lengkap. Ada nama dan nomor teleponnya. Alhamdulillah! Gw coba save ke folder khusus, dan karena ga ada save all gw terpaksa harus ngeklik satu per satu pop up yang muncul. Akhirnya semua contact bisa gw save di komputer dengan file berekstensi CONTACT. Apa lagi tuh?!

Hasil googling: “CONTACT adalah file yang berisi VCard yang kompatibel dengan Outlook Express”

Damn! Si Uwa ga ada Outlook Express di komputernya. Tadi keluar Outlook juga ga jelas dari mana, tau-tau nongol begituan. Ugh… Ayo mikir… Gimana caranya biar si CONTACT ini bisa gw ubah jadi IPD terus gw import ke Gemini… Tiba-tiba jam dinding bunyi, ternyata udah jam setengah 3 pagi. Si Uwa bilang supaya gw stop aja dulu, istirahat, dan lanjutin lain kali aja. Dari nada suaranya sih, dia udah nyerah.

Tapi bukan Gorboman namanya kalo nyerah begitu aja. Sumpah gw ga bisa tidur sampe jam 6 pagi. Mikirin gimana caranya. Tapi ngantuk ternyata lebih hebat daripada Gorboman, dan akhirnya gw tertidur.

Okay. So, bukan pilihan yang enak bangun siang dengan kepala penuh pikiran. Tapi gw paksain mandi supaya paling nggak kepala bisa rada segar dikit. Setelah itu gw memilih untuk bermalas-malasan dulu, soalnya males banget mikirin soal import-import data. Huh! Sore ini gw coba untuk browsing internet lagi.

Tiba-tiba gw ngeh sesuatu. Kebetulan gw pake Windows 7 dan komputer Uwa gw juga masih baru dan diinstallnya Windows 7 juga. Gw iseng search “windows contact” dan muncullah hasil search yang mana salah satunya ada tulisan “wab.exe”. Hmmm… Gw mikir, sepertinya ini aplikasi untuk ngejalanin Windows Contact. Gw coba klik dan terbukalah satu folder yang isinya ada satu file CONTACT. Terus gw coba select file itu dan sedikit menjelajah di menu sebelah atas dengan harapan gw nemu yang tulisannya export.

AHA! Ketemu! Coba dieksport, gw tentuin exportnya ke dekstop, klik export, dan voila! Ternyata si CONTACT tadi bisa di ubah jadi VCF. Gw coba cek VCF-nya dan ternyata berhasil! YIIIPPPPPIIIIEEE!!!

Ribet juga ternyata. Tapi gpp. Gw antusias banget. Ntar malem bakal gw coba di komputernya Uwa gw. Mudah-mudahan berhasil. From SE to TXT to VCF to CONTACT to VCF to IPD to Gemini. Wish me luck!

2 thoughts on “1st Timer on BlackBerry

Your comments

