Tips #2 Mindahin Contact dari Hape Lama ke BB

Sekarang giliran gw yang mau mindahin contacts dari hape lama ke Odin. Tentunya gw merujuk ke cara yang pernah gw bahas di artikel sebelumnya. Enaknya ngebackup dari Samsung adalah semua contact bisa diexport satu per satu jadi VCF dengan hanya satu kali langkah pengerjaan. So, dengan mudah gw bisa compile semua contact lama gw ke dalam satu file IPD.

Tapi di sinilah gw nemu satu kendala. Desktop Manager gw gak bisa ngerestore ke Odin. Alasannya, address book gw di set read only. Gimanakah cara ngakalin hal ini?

Salah satu fitur di BB adalah sinkronisasi contact dengan Outlook, Google, dan Facebook secara otomatis. Jadi data2 contact kita yang sifatnya lebih detil yang ada di layanan2 di atas bisa langsung ‘ditarik’ ke BB kita. Istilahnya over the air (OTA) synchronization. Fitur inilah yang harus kita non aktifkan.

Masuk ke Address Book / Contacts, lalu masuk ke Options, dan di dalamnya ada Contact List. Dalam kasus gw, contact list ternyata diset untuk sinkron dari Gmail. Gw klik di alamat Gmail itu dan di dalamnya gw non aktifin seting Wireless Synchronization.

Voila! Sekarang DM gw bisa ngerestore dari IPD. Semoga bermanfaat! :)

Your comments

