Menginstal Hybrid OS di Storm 2

Warning! Ini postingan panjang.

— start part 1 —

Sebelumnya, mungkin ada yg bertanya apa itu Hybrid OS. Hybrid adalah jenis Operating System (OS) BlackBerry versi custom. Jadi, si programmer / pembuat hybrid os ini akan memodifikasi sebuah OS dasar sehingga fungsinya menjadi optimal. Peningkatan yg terasa antara lain koneksi ke jaringan jadi lebih kencang, layar sentuh jadi lebih empuk karena aliran listrik ke komponen2 di dalamnya lebih lancar, dll. Intinya sih, hybrid os adalah kumpulan hal2 the best dari berbagai os yg sudah resmi rilis.

Untuk Storm 2 gw, pilihan hybrid OS gw pake yg keluaran bbboldy. Versi 9.9 adalah versi terakhir pada saat gw nulis post ini. Apa aja kelebihannya? Nih, gw copy paste di bawah:

New 9520/9550 Hybrid OS v9.9 by bbboldy

Setelah melakukan beberapa kali percobaan dan perombakan akhirnya v9.9 ini dapat saya rampungkan dengan baik. Dan semoga hasilnya dapat dinikmati oleh semua Storm2 user.

Base OS 9520 = 580
Base OS 9550 = 517 (Hybrd ini tidak akan bekerja dengan base 607)

bbboldy Hybrid OS v9.9 package :
-Mix java 580-681-692

options > about > show 5.0.0.608

Kelebihan pada versi ini :
+Ketahanan Battery yang lebih baik.
+Stabilitas OS yang sangat baik dari segi signal & memory.
+Browser super cepat.
+Super Responsif multitasking dan Accelometer (Rotate Landscape n Potrait)
+Keyboard yang nyaman untuk mengetik dan meningkatkan akurasi dalam mengetik.

Hyrbid kali ini memiliki size lebih kecil karena ada beberapa bagian yang saya pangkas,antara lain :
-Semua bahasa saya pangkas kecuali English + CJK (Chinese, Japanese, Korean)
-Setup wizzard/panduan sewaktu pertama kali BB menyala saya pangkas juga.
-Selebihnya files2 penting tidak saya pangkas :)

OK. Sampai di titik ini mungkin elo tertarik untuk nyoba hybrid os ini. Tapi satu hal yg perlu diingat, bahwa ini OS nggak resmi. Jadi kalo mau nyoba install, resiko ditanggung sendiri ya. (yes, this acts as my disclaimer :P ). Apa aja yg perlu dipersiapkan? Rata2 bisa didownload dari link lokal. Inilah dia listnya:

1. OS yg dipake buat jadi dasar hybrid OS
Seperti dijelasin di atas, kalo Odin lo tipe 9550 (kayak punya gw), pake base OS 5.0.0.517 keluaran SaskTel yg bisa didownload di sini. Kalo Odin lo tipe 9520, pakenya base OS .580 (linknya silakan di-google sendiri ya :D )

2. Desktop Manager BB
Ini standar sih, fungsinya untuk ngerestore data2 setelah instalasi. Perlu diingat kalo aplikasi keluaran pihak ke-3 (bukan aplikasi bawaan pabrik) nggak akan bisa direstore meski udah dibackup lewat DM. Cara ngebackup dan restore aplikasi 3rd party ada di sini. Kembali ke DM, gw pake yg versi 5.0, bukan 5.0.1. Pemikiran gw karena base OS-nya juga masih di 5.0. Entahlah… Eniwei BBDM5 bisa didownload di sini.

3. Tools untuk nge-wipe BB
Ada dua tools yg umum dipake, yg satu namanya BBSAK dan satu lagi JL_CMD. Gw prefer pake JL_CMD. Klik di nama masing2 untuk link downloadnya ya.

4. ShrinkOS (advanced user only!)
Kurang lebih fungsinya untuk memilah2 item apa aja yg mau diinstalin di OS. Misalnya kita ga perlu Help files, ga perlu BB Maps, ga perlu game bawaan, bisa kita “buang” dengan menggunakan tools ini. Kalo ga ngerti, ragu2, atau takut salah, mending jangan didownload. Kalo tetap mau coba download, klik di sini.

5. Hybrid OS BBBoldy v.9.9
Untuk menghormati si pembuat, maka untuk download filenya silakan mampir ke sini. :)

— end of part 1 —

— start part 2 —

Setelah semua bahan2 terkumpul, sekarang saatnya ngebackup data2 lama dan aplikasi!
1. Kalo ngebackup data2 standar seperti address book, cukup bikin backup via DM.
2. Untuk ngebackup data BBM, pake fitur backup yg ada di BBM.
3. Kalo backup aplikasi, ini linknya (sama dgn link di atas).

Selesai backup, pastiin di komputer kita (baik PC maupun Mac) nggak terinstall OS lain. Karena gw pake PC, maka yg gw lakuin adalah masuk ke Control Panel dan masuk ke Add/Remove Program atau Uninstall Program kalo pake Windows 7. Di list aplikasi akan tertulis “BlackBerry Device Software … “. Bisa jadi ada lebih dari satu yg terinstall. Uninstall semuanya.

Tenang aja, OS yg terlihat di sana bisa didownload lagi koq kalo kita perlu. Bisa download langsung dari RIM atau install lagi dari CD yg ada di dalam box waktu kita beli BB atau dari sini.

Setelah bersih dari OS lain, mari mulai install si Hybrid OS ini. :) Ingat! Untuk 9550 pake base OS .517 dan untuk 9520 pake base OS .580. Cara instalasi, lagi2 saya copy paste dari si empunya. :D

Cara installasi jika Hybrid berupa file zip/rar :
1.Download OS Hybrid yg berupa zip/rar.
2.Extract Hybrid zip/rar yg didownload ke desktop PC/Laptop anda.
3.Install Base OS ke PC/Laptop anda. (disarankan uninstall dan hapus semua OS yg ada di PC/Laptop anda)
4.Delete folder “Java” base OS anda di directory : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Shared\Loader Files\”Folder OS”
5.Copy/Cut dan Paste folder “Java” Hybrid ke directory yang sama dengan diatas (Step No.4).
6.Shrink a OS (optional untuk advanced user only),Jika tidak menggunakan Shrink a OS silahkan menghapus files “vendor.xml” di directory : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader
7.Backup semua data dan 3rd party application anda.
8.Wipe device anda dengan BBSAK/JL_cmd atau software wipe lainnya. (Sangat direkomendasi wipe dahulu)
9.Load OS via “Loader” di directory : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader

Cara installasi jika Hybrid berupa files installer/.exe :
1.Download OS Hybrid yg berupa installer/.exe.
2.Install Base OS ke PC/Laptop anda. (disarankan uninstall dan hapus semua OS yg ada di PC/Laptop anda)
3.Install/Execute Hybrid yg berupa installer td dan arahkan lokasi executenya ke directory : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\Shared\Loader Files\”Folder OS”
4.Shrink a OS (optional untuk advanced user only),Jika tidak menggunakan Shrink a OS silahkan menghapus files “vendor.xml” di directory : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader
5.Backup semua data dan 3rd party application anda.
6.Wipe device anda dengan BBSAK/JL_cmd atau software wipe lainnya. (Sangat direkomendasi wipe dahulu)
7.Load OS via “Loader” di directory : C:\Program Files\Common Files\Research In Motion\AppLoader

TIPS : Jangan lupa untuk melakukan batterypull minimal 3x dalam 2jam pertama setelah load OS dan restore data.

Penjelasan untuk cabut batre ini adalah untuk merefresh JVM (Java Virtual Machine kalo ga salah). Dilepas 30 detik – 1 menit, pasang, setelah ngeload semua (registrasi & email setting udah ok, cabut lagi. Begitu dan seterusnya sampe jumlah minimal yg disyaratkan terpenuhi.

Gw sendiri udah berhasil install BBBoldy v.8 dan hasilnya memang lebih menyenangkan (terutama dalam hal koneksi dan speed browser). Sekarang, gw mau cobain v.9.9 sebelum nanti upgrade ke BlackBerry 6 yg mantap itu!

Semoga bermanfaat dan selamat mencoba! :D

— end —

Sumber & referensi: bbboldy @ http://www.indobb.com

16 thoughts on “Menginstal Hybrid OS di Storm 2

    1. wah saya sudah hampir 2 tahun ngga pake BB lagi, bro. sudah ngga ingat lagi step2nya. mungkin ada baiknya bro tanya di forum2. maaf ya.

    1. linknya mungkin udah ngga aktif lagi. coba aja digoogle untuk cari nama program2nya. saya udah ga pake bb soalnya, jadi ngga update2 lagi.

    1. ini artikel taun berapa ya? linknya mungkin udah ngga aktif lagi. coba aja digoogle. saya udah ga pake bb soalnya, jadi ngga update2 lagi.

  1. maksud ku keterangan os di info apa? ni saya kemaren ikutin prosedur anda alhasil sukses n menjadi v5.0.0.580 (platform 4.2.0.250)……… bener gak?

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s