Cara Refresh GPS di Odin / Storm 2

Buat elo yang suka main Foursquare, ada kalanya pas kita mau check in ternyata lokasi kita nggak muncul di list. Hal ini terjadi karena GPS kita susah ngelock, baik yang sifatnya built in GPS maupun A-GPS (berdasarkan lokasi BTS terdekat). Nggak usah Foursquare, BB Maps atau Google Maps pun susah pin point lokasi kita kalo GPS kita nggak bisa lock.

GPS nggak bisa lock karena banyak faktor. Tapi pada umumnya sih, lokasi kita baru bisa ketauan kalo GPS kita bisa dikunci lokasinya oleh minimal 4 satelit yang berada nun jauh di atas sana. Supaya lebih mudah lock GPS, kita sebaiknya berdiri di udara terbuka atau di dekat jendela yang nggak kehalangan sama gedung tinggi. Jadi antara device dan angkasa sebisa mungkin gak kehalangan apa2.

Ada kalanya di mana kita masih juga gak bisa lock GPS. Kalo ini kasusnya, maka kita harus Refresh GPS. Gimana caranya? Untuk pengguna BB non touch screen yang ngalamin hal ini, mungkin udah pada nemu solusinya. Masuk ke Options > Advanced Options > GPS > Refresh GPS. Tunggu sampe lokasi kita keliatan di hasil refresh. Sayangnya cara di atas nggak berlaku untuk pengguna Odin / Storm 2, karena di dalam option GPS nggak ada menu Refresh GPS.

Jangan khawatir. Untuk merefresh GPS di Odin / Storm 2 supaya bisa pin point lokasi kita dengan lebih baik, bisa dicoba cara ini:

1. Masuk ke Options > Status
2. Klik tombol BB dan pilih Show Keyboard
3. Ketik RUNTEST atau TEST dan ikuti instruksi di layar sampe ketemu pilihan test apa aja yang mau dijalanin
4. Pilih GPS dan jalanin testnya
5. Ikuti instruksinya sampe hasil menunjukkan Succeeded dan lokasi kita tertulis di sana (dalam format koordinat)

Setelah itu bisa coba check in lagi di Foursquare, pin point di BB Maps atau Google Maps, atau apps location based service lainnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat! :)

2 thoughts on “Cara Refresh GPS di Odin / Storm 2

  1. salam kenal mas, saya yondi. saya ada masalah sama odin ku, masalahnya adalah di odinku itu GPS locationnya gak muncul (longitude, latitude pada gak muncul) jadi saya gak bisa pakai google maps atau foursquare, padahal saya dah coba wipe, dah coba refresh GPS spt yang mas ajarkan. Bisa kasih masukan gak itu kenapa kok GPS location saya tetep gak bisa muncul?? Terima kasih mas, ditunggu update nya ya.. :)

    1. dear yondi, kalo dari yg anda ceritakan, menurut saya ada beberapa kemungkinan.

      pertama: coba dilihat settingan gpsnya sudah aktif atau belum. untuk dapat longitude dan latitude, pastikan yg aktif adalah gps hardware, bukan yg a-gps. device gps di dalam odin itu akan efektif kalau berada di tempat terbuka alias ngga terhalang atap atau beton. di smartphone lain yg terpasang gps jg sama kok. seminimal mungkin coba sinkronisasi dengan satelit di dekat jendela.

      kedua: mungkin firmwarenya pernah dioprek terlalu jauh. jadi fungsi gpsnya tidak berjalan normal. odin saya dulu jg begitu. gara2 dioprek terlalu ‘adventurous’ jadinya ngga bisa dipake WiFi lagi. belum berhasil saya benerin tuh pas saya tuker tambah dengan android.

      ketiga: mungkin device gps di dalam odin anda mengalami kerusakan atau defect. mudah2an sih ngga kejadian sampai seperti ini.

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s