BIS 3.1 dan kaitannya dengan Pindah Operator

Gw lagi penasaran sama yang namanya pindah operator BB. Menurut kakak ipar gw, ganti SIM Card yang operatornya sama nggak ribet, tinggal ganti aja. Gw sendiri belum pernah coba, tapi gw anggap itu benar. Lalu gimana ceritanya dengan ganti SIM Card tapi beda operator, sementara kita kepingin BB kita tetap aktif seperti biasa? Nah ini dia… Salah-salah pindah operator, yang ada PIN kita malah nyangkut. Gak bisa pake BB lagi dong, sampe PIN direlease sama operator lama (setelah kita request).

Kebetulan gw adalah orang yang males ngobrol sama customer service seandainya emang nggak perlu. Dengan kata lain, kalo gw bisa kerjain sendiri mendingan ga usah ke CS. Males banget deh kalo sampe harus ditanya alasan pindah operator, ditanya database, dll. Jadilah gw bergerilya nyari tau, apakah benar mitosnya PIN BB bisa kita kick sendiri.

Hasil ngubek sana-sini, gw ketemu cara release PIN di mana kita perlu 2 device dan saling tendang PIN dengan tujuan ngebikin PIN device kita jadi ngambang alias gak keregister di operator mana pun. Tapi cara ini mengharuskan gw untuk nge-wipe BB gw. Cape deh… Males ngebackup & restore data lagi.

Terus ketemulah gw dengan sebuah metode di mana gw nggak harus nge-wipe BB untuk ngerelease PIN. Terus terang gw sendiri masih gak mudeng dengan metodenya. “Koq bisa gitu? How come? dll.” Intinya mah, gw takut PIN BB gw suspend, apalagi sampe blacklist. Setelah ngobrol2 singkat dgn si narasumber tsb, tercetuslah suatu hal yang baru (buat gw), yang namanya BIS versi 3. Apaan tuh?? Penelusuran paman Google menjawab dengan dokumen resmi dari RIM yang ngejelasin tentang BIS 3.1 yang di dalamnya ada sedikit penjelasan tentang pergantian device. Berikut kutipannya:

Document ID: KB22427
Change Device Update
For improved usability and increased security, the BlackBerry smartphone user must insert a Subscriber Identity Module (SIM) card in the new BlackBerry smartphone in order to change the BlackBerry smartphone personal identification number (PIN) assigned to their BlackBerry Internet Service email account. Users can no longer explicitly change their PIN through the HTML BlackBerry Internet Service email interface without first inserting the new SIM card. Once a BlackBerry smartphone user has inserted the SIM card in the new BlackBerry smartphone and has logged into the HTML BlackBerry Internet Service email account, the new BlackBerry smartphone will be detected and the BlackBerry smartphone user will be required to confirm the PIN change on the BlackBerry smartphone.
BlackBerry smartphone users who use CDMA are required to contact their wireless service providers to have new BlackBerry smartphones provisioned prior to setting up a BlackBerry Internet Service account on their new BlackBerry smartphone.

Setelah baca itu, yang gw tangkap adalah kalo gw mau ganti operator, gw cukup ganti SIM Card aja dan aktifin layanan BIS di SIM Card yang baru (dengan asumsi ini SIM Card udah beda operator ya…). Tapi kalo seperti itu, gimana ceritanya email2 di BIS gw yg lama? Terus apa yang terjadi kalo PIN gw keregister di dua BIS berbeda?

— update  —

Akhirnya saya memberanikan diri untuk pindah operator yang berbeda jaringan / nggak dalam satu group. Untuk memperhalus, saya akan sebut operator awal dengan nama OP-A dan operator baru dengan OP-B :p . Langkah-langkah yang saya lakuin adalah sebagai berikut:
1. Saya delete dulu alamat2 email yang kedaftar di BIS OP-A. Bisa lewat E-mail Setup, bisa juga lewat Service Book di dalam Advanced Options.
2. Saya non aktifkan layanan BIS di OP-A sampai saya dapat konfirmasi sukses.
3. Saya ganti SIM Card ke OP-B & aktifasi layanan BIS di OP-B sampai dapat konfirmasi sukses berlangganan BIS.
4. Kalo belum terima message sukses registrasi, bisa coba minta dikirimin Service Book. Masuk ke Advanced Options > Host Routing Table > pencet tombol BB & klik Register Now.
5. Login ke layanan BIS via BB Browser (http://namaoperator.blackberry.com) dan OK-in registrasi di sana.
6. Langsung aja tambahin alamat-alamat email buat push emailnya.
7. Selesai & good to go! Buat ngecek, coba ping contact di BBM.

Dulu saya pikir ini aneh bin ajaib. Gimana bisa koq 1 PIN dipake untuk 2 BIS dan nggak suspend / blacklisted? Ternyata jawabannya adalah: Selama si PIN nggak terdeteksi aktif di 2 BIS secara bersamaan, maka PIN-nya aman, damai, sentosa. Saat ini, SIM Card OP-A saya masukin ke hape lama saya (non-BB). Kedua handset works fine. :)

Pertanyaan yang mungkin timbul di kepala elo:
1. Kalo SIM Card si OP-A dimasukin ke BB yang lain gimana?
Dengan asumsi BB lain itu dalam keadaan PIN udah release atau device baru sama sekali, maka gak masalah. Tinggal aktifin layanan BIS, login ke BIS via BB Browser, dan Switch / Change Device. Karena dianggapnya elo ganti handset baru.
2. Kalo si PIN kedeteksi di 2 BIS, terus ntar suspend gimana nasibnya tuh?
Dengan asumsi PIN elo gak dicloning orang, menurut sumber yang gw percaya, si PIN cuma akan disuspend sementara. Di masa suspend ini, terjadi peralihan data dari operator lama ke operator baru. Kalo udah selesai pindahan data, PIN-nya ntar release lagi dan bisa dipake lagi (di operator baru).

Gitu deh. Semoga bermangpaat! :D

6 thoughts on “BIS 3.1 dan kaitannya dengan Pindah Operator

  1. Tolongin saya dong,saya kan ud make OP A ini pgn gnt k B,kan kalo di atas critanya mesti masuk ke web si OP A buat ngapus imel kan
    Masalahnya saya lupa username ma pssword saya,ap saya blum dftr jg lupa,hehehehe
    Tapi saya ud punya imel di web OP A itu,tp pas saya nyobain masuk make username n password yg saya inget ko ga mau yah

    Gimana dunk…helep

  2. nanya ni gan….baru ganti bb nih..d bb yang lama email nya dah di delete trus dah di wipeout pula..pindah ke bb baru ga ada masalah…cuman masalah nya ko email nya bisa dateng ke dua2 nya…gmna tuh gan..mohon pencerahan…

    1. @ary:
      wah gw baru tau bisa begitu. emailnya ga nyangkut berarti ya? ok, balik lagi ke pertanyaannya. seandainya emang kepingin emailnya cuma masuk di satu device aja, sebaiknya ngapus email itu dari ‘Email setup’ atau dari BIS page masing2 provider (via browser BB). misalnya kalo pake telkomsel berarti login dulu ke telkomsel.blackberry.com

      dicoba dulu aja, gan. :)

Your comments

