Kick / Release PIN

Kalo di artikel sebelumnya, gw ngebahas soal pindah operator. Di artikel kali ini gw mau ngebahas soal nge-Kick atau Release PIN.

Apa sih Kick PIN itu?
Jadi di dalam masing-masing device BB itu terdapat nomor identifikasi unik berupa IMEI (untuk penomoran mesin secara internasional, berkaitan hanya thd handsetnya aja) dan PIN (ini berkaitan dengan layanan BlackBerry secara internasional). Sebuah PIN yang udah kedaftar di satu operator nggak bisa dipake di operator lain kalau PIN tersebut belum keluar dari layanan si operator ybs. Supaya bisa dipake lagi di operator lain, misalnya semula di Telkomsel terus sekarang mau dipake di Indosat, PIN harus di-Kick atau di-Release terlebih dahulu.

Gimana cara nge-kick PIN ini?
Cara yang resmi adalah kita datang ke kantor layanan operator dan minta PIN kita di-Release. Biasanya prosesnya cukup makan waktu. Belum lagi kita pasti ditanyain ini itu, alasan pindah kenapa, dll. Beberapa operator bahkan ada yang menerapkan kebijakan nggak melayani Release PIN. Untungnya belum pernah dengar / baca ada kejadian kayak gitu tuh di Indonesia. Entah ya kalo misalnya PIN kita itu dicloning, atau kita pas beli BB-nya nggak hati2, jadi dapat yang PIN-nya suspend atau blacklisted.

Bisa kita Kick sendiri gak sih PIN itu?
Jawabannya bisa. Dari hasil ngubek sana sini, ada 2 metode yang bisa dicoba. Tapi lagi-lagi harus gw ingetin: Resiko ditanggung sendiri!

Cara 1:
Ini sebetulnya cara udah lama banget. Mungkin udah nggak bisa juga karena sekarang BIS di server punya RIM udah versi 3.1. Tapi gw tulis aja untuk pengetahuan bersama. Btw, ini copy paste dari forum IndoBB.com dan gw cuma masukin yang bahasanya nggak jelimet aja. Ok, kita mulai.

Yang diperluin:
• 1 buah BB yang akan di release PIN nya dan masih aktif BIS account nya masih EDGE atau GPRS
• 1 account BIS aktif milik kawan anda ( atau ajak kawan anda untuk membantu anda, syaratnya orang tersebut harus bisa dipercaya untuk mencegah pengkloningan PIN dan IMEI )
Contoh skenario:
Gue mau pindah dari operator A ke operator B, trus dibantu ama temen gue yang punya BIS di operator C, sebut aja namanya si Otong

Catatan : BIS operator A ( BB gue ) aktif alias ON *blom pernah coba soalnya kalo off*
BIS operator C ( temen gue) akif juga
Berarti : Sick (Operator A) mau pindah ke Operator B dibantu Si Otong yang BIS aktif di Operator C

Ya udah gue bilang deh ma si Otong, “tong gue pinjem dong login BIS Operator C punya Loe biar gue bisa tendang PIN gue”
Si Otong percaya kan ama gue, dia kasih tuh PIN dia, IMEI dia, sama login ke BIS C account punya si Otong.

Dah gitu gue login ke operator C punya si Otong di http://C.BlackBerry.Com/
masukin login sama password si Otong kan,
nah di sana gue pilih Change Device, PIN nya diisi PIN ama IMEI gue
jadi PIN nya si Otong sementara ketendang dari BIS C
dah gitu di save trus SSB (send service book) jadi info nya BIS C masuk ke BB gue, dengan kata lain BB gue dah pindah dari Operator A ke operator C

Nah skr kan si Otong kasian tuh ga punya BIS, alias PIN nya ngambang barusan gue tendang, ya udah kudu dibalikin lagi ke semula
Masih di Change Device tadi Masukin skr, tapi skr masukinnya PIN sama IMEI si Otong, tujuannya supaya PIN si Otong yang ngambang tadi balik lagi ke BIS C, dan PIN gue ketendang dari BIS C, ya udah deh isi trus save
Dah gitu SSB lagi, ini artinya SI Otong PIN nya yang ngambang tadi balik lagi ke BB nya dia, sedangkan PIN gue yang barusan masuk ke BIS C jadi ngambang, soalnya kan ketendang pin si Otong

PIN BB gue skr ngambang, ketendang dari BIS A, ketendang dari BIS C, dan siap ganti operator. Guenya seneng, si Otong juga tenang

Tambahan :
kalo mau cek PIN ada udah release apa belum setelah ditendang, coba aja buka ke http://namaoperator.blackberry.com/
<– ini operator apa aja

Trus Klik Create New Account
Trus Klik I Agree
Trus masukin Device PIN sama Device IMEI

Kalo PIN nya udah release, tulisannya biasanya
– Sorry your browser didnt support HTML, you can do registration on your BB Browser

Kalo PIN nya blom release, tulisannya biasanya
– Cannot create account:
An account already exists for this BlackBerry® device. Please log in or contact your bla bla

Tanya : kenapa tendang2 an kok ga ke operator aja langsung ?
Jawab : Ini kan biar cepet aja boz, cape gitu loh klo musti ngantri2 ke gerai2 belom kalo ditanya2 KTp plus ditanya2 kenapa pindah BIS, intinya cape deeeee
Tanya : Bakalan Suspend ga nih klo pindah BIS cara tendang
Jawab : Gue dah 2x pindah BIS operator ga suspend, kecuali PIN ente dikloning orang
Tanya : Klo tendang2 an PIN antar negara bisa gak ya, soalnya gue dari amrik pin gue nyangkut di sono
Jawab : Logikanya sih bisa aja, tapi gue belum pernah nyoba

Cara 2:
Ini gw copy paste dari forum lain di internet, forum internasional gitu deh, namanya TechJamaica (link). Gw coba translate pake google deh, aslinya pake bahasa inggris. Cara ini belum pernah gw coba sama sekali, dan gw juga blom pernah baca ada orang yang ngelakuin cara ini di Indonesia. Elo mau jadi yang pertama? :D

Kadang-kadang kamu menemukan BB yang memiliki PIN terdaftar ke operator lain meskipun account tidak lagi dalam pelayanan. Repot kalau harus menghubungi layanan pelanggan untuk melepaskan PIN. Saya telah membaca tentang beberapa langkah untuk release PIN sendiri, hanya mencoba dan saya dapat memastikan itu bekerja di sini di Amerika.

Operator semula AT&T, lalu saya coba untuk daftar dengan BIS T-mobile. BIS memberi tahu saya bahwa PIN sudah terdaftar di operator lain.

Anda memerlukan SIM aktif dengan BIS yang sudah aktif (pinjam SIM dari teman di T-mobile)

1. Masukkan SIM dengan BIS aktif ke dalam ponsel, setelah itu pergi ke email setup. Anda akan ditanya: “Perangkat baru telah terdeteksi apakah Anda ingin mengubah?” Pilih YES untuk mengubah perangkat.

2. Tempatkan SIM dengan BIS aktif tersebut kembali ke telepon lama dan lakukan langkah-langkah yang sama untuk mengubah perangkat kembali.

Setelah kedua langkah telah selesai, PIN yang semula terdaftar di AT&T sekarang bebas untuk terdaftar di BIS operator manapun.

Cara ini berhasil dengan AT&T dan T-mobile. Aku menganggap seharusnya bekerja juga dengan DIGI, Claro, etc.

Begitu deh cara-cara Kick / Release PIN tanpa harus ke operator. Cara-cara di atas dengan asumsi PIN nggak dicloning orang. Semoga bermanfaat!

PS:
Mungkin ada yang bertanya, “Udah gw baca tapi masih ribet juga nih. Elo mau gak bantuin gw nge-Kick PIN gw?” Jawaban gw, “Nggak. Gw nggak mau bertanggung jawab terhadap barang yang bukan milik gw pribadi dan bukan fasilitas umum.”

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s