Aplikasi News & Magazine untuk Android

Awalnya gue menulis artikel ini karena gue tergelitik dengan salah satu berita tentang Zite, sebuah app untuk iOS yang intinya nyariin informasi sesuai apa yang kita suka dan nampilin dalam bentuk seperti majalah.

Zite
Zite mempelajari & menampilkan informasi yang relevan bagi kita.

Sebelum Zite, gue sangat tertarik dengan Flipboard, app untuk iOS juga yang ngeklaim diri sebagai social magazine, di mana semua informasi yang dia tampilin itu diambil dari feed di social media yang kita daftarin. Misalnya dari timeline Twitter kita, status update teman2 di Facebook, dll.

Dulu sewaktu gue masih pakai BB, gue sempat menginstall Viigo. Aplikasi ini narik2in berita utamanya dari RSS Feed yang ada di berbagai website & blog. Senang rasanya bisa update dengan hal2 yang gue suka. Tapi tampilannya ga bagus dan kaku, khas BB.

Viigo

Function over design. Viigo untuk BlackBerry.

Aplikasi2 di atas menurut gue menyenangkan buat orang2 yang senang dengan update informasi. Baik itu dari social media feed ataupun dengan blog-hopping. Meskipun kita bisa buka browser dan mulai hopping lewat bookmark, tapi tetap aja lebih enak kalau semuanya itu udah disodorin lewat sebuah aplikasi.

Terus gue penasaran, ada ga sih app semacam itu untuk Android? Ternyata ada! Meski jumlahnya masih sedikit dan ga secanggih Flipboard atau Zite, tapi buat gue aplikasi2 ini cukup oke untuk saat ini. Scroll ke bawah untuk sedikit review ketiga apps tersebut! :)

Pulse News Reader App

Pulse News Reader
Pulse News Reader tersedia gratis untuk Android

Pulse dari Alphonso Labs punya tampilan paling cantik di antara ketiga apps terpilih. Informasi yang ditampilkan sesuai dengan pilihan kita. Dengan mudah, kita bisa menambah atau mengurangi feed lewat icon setting (gambar gear) di sebelah atas kiri. Pulse nampilin artikel secara keseluruhan, tapi bukan mobile view dari website/blog terkait. App ini ngasih pilihan ‘Go to original article’ yang otomatis ngebuka page bersangkutan di browser. Ada juga pilihan untuk share ke FB & Twitter, juga ada icon ‘…’ yang ngasih banyak banget pilihan untuk ngeshare lainnya. Pulse ada fitur notifikasi yang bisa diatur di settingnya.

My Taptu

My Taptu
My Taptu. Mirip Viigo, tapi lebih cantik.

My Taptu adalah news reader app pilihan gue berikutnya. Secara design, sekilas mirip dengan Pulse tapi masih kalah cantik. Cara My Taptu nampilin informasi juga lebih mirip Viigo, cuma sepotong dan selebihnya cuma bisa dibaca dengan buka browser (ada tombolnya). Meski mekanisme kerjanya agak kurang asik, tapi pilihan feed yang udah ada di dalam My Taptu ini jauh lebih menarik ragamnya dibandingkan Pulse. My Taptu ga ada fitur notifikasi.

Indonesia News

Indonesia News
Indonesia News app by Daingo.

News reader app ga akan lengkap kalo kita ga bisa update dengan perkembangan di negeri sendiri. Iya ga? Indonesia News adalah aplikasi yang dibuat oleh Daingo. Pengembang ini juga ngebikin aplikasi news untuk banyak negara lain. Aplikasi ini dibuka dengan pilihan semua website berita besar yang ada di Indonesia. Begitu diklik salah satu, kita akan dikasih pilihan mau masuk di kanal mana. Tampilannya simpel dan ringan, mungkin sengaja dibikin kayak gitu karena fokus dari berita adalah textnya (baca: beritanya), bukan gambarnya.

Ya, itulah tadi tiga pilihan aplikasi news reader untuk Android pilihan gue dengan review singkat supaya lo ada sedikit gambaran. Sebetulnya, di HTC Desire Z sudah ada aplikasi2 sejenis, tapi masih kurang cantik untuk ukuran aplikasi Android. Gue yakin kalian juga akan milih yang tampilannya lebih cantik, bukan?

Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa rate, share atau tweet, juga isi komentar kalo kepingin. Salam! :)

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s