Cara Meluruskan Ban Depan Dengan Ban Belakang

Artikel kali ini singkat aja. Saya juga pernah ada di posisi kebingungan dan nggak tahu apakah ban depan sudah lurus atau belum. Kebetulan saya ada contekannya dan saya yakin akan berguna jika dishare di sini.

Ada sebuah Rule of Thumb atau aturan baku. Dengan asumsi saat posisi ban depan lurus, posisi setir juga dalam keadaan lurus. Cara ngeceknya, logo yang biasanya ada di pad klakson juga lurus menghadap ke kita. Contohnya seperti pada gambar berikut.

Posisi setir lurus (lihat logo pada setir), asumsinya posisi ban depan juga lurus.

Berikutnya, yang perlu diketahui adalah setir hanya dapat berotasi maksimal 2x ke arah kanan atau sebaliknya. Setelah 2 putaran, posisinya pasti mentok. Posisi ini bisa membantu kita sebagai patokan meluruskan ban depan mobil. Apalagi di situasi di mana tidak ada orang atau alat bantu untuk melihat posisi ban mobil kita.

Dari posisi mentok, putar ke arah sebaliknya sebanyak 2x. Jadi misalnya mentok ke kiri, putar 2x ke kanan. Kalau mentoknya ke kanan, putar 2x ke kiri. Atau hingga posisi logo pada setir lurus dengan badan kita, dengan asumsi setirnya terpasang dengan baik dan benar.

Bisa aja sih membuka kaca jendela lalu mengintip ke luar, tapi ngga semua situasi memungkinkan seperti itu. Misalnya kalau lagi hujan dan kita parkir di luar (outdoor). Semoga artikel ini dapat membantu Anda yang ingin belajar atau memperlancar teknik menyetir.

2 thoughts on “Cara Meluruskan Ban Depan Dengan Ban Belakang

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s