Uji Konsumsi BBM – Gagal

Ya seperti judulnya, usaha saya untuk menguji konsumsi BBM Terios TX 2013 tidak berhasil. Penyebabnya? Mobil dipinjam mertua, dia isikan bensin, meterannya dia reset. Di sisi baiknya, saya jadi hemat 150 ribu. :)

“pusing sayah..”

Meski begitu, cukup mengejutkan juga angka yang didapat dari hasil mengira-ngira. Sebab berdasarkan ingatan dan hitungan beliau, Terios saya bisa membukukan 12 km/l. Penggunaannya adalah dipakai perjalanan Jakarta – Bandung PP via Tol Cipularang, serta beberapa perjalanan jarak dekat selama di Bandung dan di Jakarta. BBM yang digunakan selama masa uji ini adalah Pertamax. Saya sih kepingin banget percaya sama hasil hitungannya, tapi karena variabel simulasinya sudah kena campur tangan orang selain saya, jadinya serasa nggak sah aja.

Hingga saat ini, Terios belum saya isiin bensin lagi. Yang pasti saya akan coba ulangi perhitungan konsumsinya di pengisian berikutnya. BBM-nya tetap bakal pakai jenis Pertamax atau yang kadar oktannya sama. Kondisi mobilnya masih standar dari pabriknya, belum dimodif apa-apa. Situasinya sudah hampir bisa dipastikan bakal didominasi penggunaan dalam kota dibandingkan jalan tol. Saya juga akan berusaha sebisa mungkin menerapkan eco-driving untuk bisa mendapatkan angka konsumsi BBM paling iritnya.

Masih berkaitan dengan BBM, saya dan istri sepakat untuk mencoba mengisi terus BBM dengan Pertamax selama periode 25 Desember 2013 – 25 Januari 2014. Tujuannya untuk mensimulasikan berapa pengeluaran bulanan kami untuk BBM di tingkat oktan tersebut selama satu bulan. Penggunaannya terus terang tidak sampai harian, tapi cukup mendominasi yaitu 2 hari weekdays dan 2 hari weekend; total 4 hari dalam seminggu. Saya masih suka berkendara ke tempat kerja naik motor juga untuk menghemat ongkos.

Hasil akhir dari simulasi ini akan menentukan apakah saya akan pasang RFID di Terios supaya bisa mengisi Premium, yang tentunya akan lebih menghemat pengeluaran kami. Atau jika ternyata masih kami sanggupi, maka saya tidak perlu pasang RFID dan tetap mengkonsumsi BBM non-subsidi seperti yang sudah saya lakukan untuk motor saya semenjak tahun 2006. Pasti lebih irit dan mesin lebih terjaga.

One thought on “Uji Konsumsi BBM – Gagal

Your comments

