Ground Clearance – New Terios TX 2013 Akhir

Di Indonesia, masih sering kita temui kondisi dan situasi jalanan yang banyak rintangan dan memaksa konsumen untuk memilih kendaraan yang tinggi. Kalau di Jakarta sih, akhir-akhir ini banyak kita temuin orang yang mobilnya punya ground clearance (GC) tinggi, baik mobil baru maupun mobil lama yang dimodifikasi.

Kebetulan saya nonton salah satu video di YouTube yang sedang mereview performa Subaru Forester terbaru. Mobil ini bisa dibilang SUV yang cukup bisa diandalkan untuk ngehajar jalanan off road sampai batas menengah. Artinya, mobil-mobil dengan GC tanggung sih ngga bakalan bisa lewat. Menurut si reviewer, GC mobil ini berada di 8,7 inch atau sekitar 22 cm. Medan yang dilalui bisa dilihat di screen shot di bawah.

Karena penasaran, saya ambil penggaris besi dan pergi ke parkiran untuk mengukur GC Terios saya. Kebetulan titik nol-nya rata dengan ujung penggaris, jadinya bisa dibilang cukup representatif untuk mengukur dari dasar lantai parkiran. Sebagai catatan, Terios saya tipe TX dengan ukuran ban 235/65 R16. Dan hasil mengukur GC yang saya dapat bisa dilihat di foto ini:

Sekitar 11 inch atau 28 cm. Angka ini mungkin tepat, mungkin juga nggak. Sebab di sini saya ngukur jarak dari tanah hingga ke titik bodi terendah yang bisa saya lihat. Sementara di website Daihatsu Indonesia, klaimnya GC cuma setinggi 200 mm atau 20 cm aja. Mungkin aja angka itu untuk varian Terios TS karena ukuran bannya memang beda.

Mudah-mudahan sharing kali ini bisa ngebantu Anda yang lagi milih-milih mobil tinggi. Tapi mobil tinggi juga bukan berarti ketemu banjir atau jalan berlubang langsung main hajar aja. Tetap harus defensive driving, kita lewatin jalan dan banjir dengan hati-hati. Kenapa? Karena ongkos servis dan spare part itu mahal. :)

–/–

UPDATE

Terima kasih untuk bro aaaassss yang sudah ngasih koreksi mengenai cara ukur GC di comment. Sebuah info yang berguna sekali. Ternyata metode yang saya pakai di atas salah. Meski begitu, saya masih tetap lebih pede dengan GC Terios / Rush dibanding GC MPV semacam Innova, Avanza, Xenia, dll. :)

2 thoughts on “Ground Clearance – New Terios TX 2013 Akhir

Your comments

