Practice Makes Perfect: Berbelok Sambil Mundur

Mobil penyok di bagian belakang? Salah satu sebabnya mungkin karena nabrak sesuatu waktu lagi mundurin mobil. Kalo sekedar mundur lurus sih saya yakin ngga terlalu masalah. Lain cerita kalo mundurnya harus sambil belok, misalnya waktu mau muter balik di pertigaan. Pake kamera mundur atau parking sensor 4 titik juga ngga jaminan, apalagi buat yang belum terbiasa. Di artikel ini, saya mau sharing tips salah satu cara yang bisa bantu kita saat mundurin mobil sambil belok.

Mundur sambil belok. Gambar pinjam punya WikiHow.

Awal beli Terios, saya pikir bakal gampang buat lihat patokan bemper belakang mobil tanpa harus buka kaca jendela. Soalnya saya ngelihat kalo dari luar, kaca samping di row ke-3 Terios itu seperti yang besar ukurannya. Gilirannya udah duduk di bangku supir, mau ngelihat belakang lewat dua kaca itu ternyata susahnya minta ampun. Pandangan kehalangan sama sandaran kepala bangku row ke-2.

Aslinya lebih kehalangan sama sandaran kepala itu.

Setelah eksperimen berkali-kali, akhirnya saya nemu patokan baru yang 99% terjamin bisa ngebantu mobil belok sambil mundur sesuai dengan rencana. Kuncinya ada jendela baris ke-2 dekat pilar C. Jadi cukup sejajarin patokan belok di luar dengan posisi kunci tadi. Di bangku supir, kita tinggal nengok aja ke kiri belakang kalo mau belok ke kiri atau ke kanan belakang untuk arah sebaliknya. Supaya lebih aman, mundurnya pelan-pelan sambil sinkron muterin setir pelan-pelan. Untuk kontrol jarak bodi dengan benda di samping bisa lewat spion samping. Jangan lupa untuk ngecek kondisi dan jarak di sisi belakang lewat kaca belakang, cermin spion tengah, atau kamera mundur kalo ada.

Kurang lebih di sini patokannya.

Mudah-mudahan tips ini berguna buat yang lagi belajar atau ngelancarin bawa mobil. Fleksibel aja dalam mengaplikasikan tips ini, sesuaikan sama mobilnya dan kebutuhannya. Buat yang udah pada jago mah saya yakin tipsnya ngga kepake. :)  Selamat berlatih!

3 thoughts on “Practice Makes Perfect: Berbelok Sambil Mundur

  1. Mr. Gorboman thank atas tips meluruskan ban dan belok mundurnya. Kebetulan sama2 Teri, hanya klo saya yg MT. Sampai saat ini saya masih belum pede untuk lewat jalan sempit, karena takut nyerempet atau nyenggol obyek di sebelah kiri mobil, mungkin bisa ngasih tips buat newbie. Trims

    1. Terima kasih juga udah jadi pembaca artikel saya. :) Sesama konsumen sebaiknya memang berbagi. Usul yang bagus untuk artikelnya. Kebetulan saya ada pengalaman berkaitan jalan sempit itu yang bisa saya share. Nanti di artikel baru ya.. :)

Your comments

