Live dari IIMS 2014 Day 1

image

Jarang2 saya dapat kesempatan dapat invite VIP kaya gini. Kalo bukan pertama kalinya, mungkin sisanya bisa dihitung pake jari di satu tangan. So, apa aja yg menarik di IIMS 2014 kali ini?

Pertama kali masuk area, terus terang nggak berkesan wow. Karena booth-booth yang bagus punya BMW dan Mini ketutupan sama kanopi jalur tengah. Tapi mau gimana lagi, memang lagi panas banget cuacanya di sana.

Saya langsung ke Hall C untuk lihat booth Subaru. Disclaimer: mereka adalah client saya di kantor, jadi nanti saya akan tulis artikel tersendiri. Karena waktu launching mobil-mobil baru mereka masih lama, jadi saya berkeliling dulu dari Hall C ke Hall B di sampingnya, lalu lanjut ke Hall A dan terakhir ke Hall D. Tempat aksesori ngga saya datangin karena takut tergoda dan malah belanja. Hehe..

Memang saya hanya sekilas aja dan ngga berlama-lama di setiap booth yang ada, malah cenderung cuma numpang lewat sambil mata saya scanning nyari mobil yang menarik. Impresi saya, IIMS kali ini nggak banyak yang menarik perhatian saya. Tapi sekalinya ketemu, justru sangat menarik dan bikin penasaran banget.

Sepintas hasil intip-intip booth tadi siang kurang lebih sebagai berikut. Booth Infinity, mewah tapi ngga menarik. Masuk ke ruang sebelah ada booth Tata dan groupnya (Jaguar & Land Rover). Banyak dipajang Tata Aria yang kayaknya design baru tapi ngga begitu menarik buat saya. Di ujung dekat pintu ke hall sebelah ada Tata Storme yang dicustom tapi menurut saya aneh stylenya. Di seberangnya ada booth Jaguar yang majang F-Type, tapi ngga ada hal yang betul-betul menarik perhatian. Nah.. di sampingnya ada booth Land Rover yang punya display keren.

Begitu masuk ke ruang berikutnya, langsung disambut sama booth Renault dengan mobil Renault Captur yang warnanya cakep banget. Banyak orang yang nyobain duduk dan tanya-tanya ke salesnya di sana. Secara bentuk mirip Renault Clio, tapi kayaknya agak panjangan dikit. Di booth ini juga mereka pajang Renault Duster yang saya penasaran banget pingin coba, tapi mereka ga ada yang matic (nasib ngga lancar bawa manual begini deh). Lalu mereka juga ada Renault Megane R.S., hot hatch yang bisa lari kencang banget.

Renault Captur (front)Renault Captur (side)Renault DusterRenault Megane R.S.Renault Formula 1 Car

Di seberangnya ada booth VW yang lagi ada kehebohan, entah ada apaan, saya malas ke sana karena terlalu rame. Intip-intip, ngga ada yang aneh. Mungkin saya ngga lihat karena kehalangan banyak orang. Di sampingnya ada booth Audi yang saya ngga ngelihat ada hal yang menarik untuk disimak.

Di pojok ada booth Mercedes dan Smart (satu group kayanya) yang begitu-begitu aja. Mewah, elegan, tapi ya udah. Ngga ada yang benar-benar menarik buat disimak kecuali buat orang yang memang lagi nyari Mercy atau fanatik dengan brand ini. Mungkin keunggulannya lebih ke fitur dan sisi interior alias ngga kelihatan dari luar.

Di seberangnya ada booth FIAT, Chrysler dan Jeep. Saya ngelihat ada satu mobil yang menarik di booth FIAT. Sebuah sports car, yang mana harusnya ngga aneh, tapi entah kenapa saya ngelihatnya menarik banget dari sisi design/eksterior.

FIAT Booth (angled view)FIAT Booth (side)

Dari sini saya keluar di dekat pintu masuk utama dan langsung menuju Hall A. Terus terang saya agak antusias karena di area sebelah sini biasanya diisi oleh brand mobil yang harganya lebih friendly bagi masyarakat luas. Begitu masuk saya langsung ketemu booth Suzuki. Intip-intip, ada Suzuki SX4 tipe baru yang langsung menarik perhatian saya. Bentuknya beda dari yang sebelumnya dan saya lebih suka yang ini. Sekilas sepertinya tahun ini Suzuki mau fokus ke jualan Kei Car, terlihat dari banyaknya Karimun Wagon R dan ada satu mobil warna biru muda yang designnya lucu banget.

New Suzuki SX4Suzuki Karimun Wagon R GSSuzuki Booth

Di seberangnya ada booth Chevrolet yang lagi fokus jualan Captiva dan Spin. Meski saya ngefans banget sama Captiva, tapi di booth ini ngga ada yang menarik perhatian saya. Tahu-tahu di ujung ada Corvette dipajang. Klasik dan keren.

Chevrolet Corvette

Di seberangnya Chevy ada booth KIA. Sayangnya ngga ada yang menarik di sini, sepintas masih sama seperti tahun lalu. Saya lanjut jalan lagi. Di kanan ada booth Ford, ngga kelihatan ada yang menarik. Di kiri ada booth Mazda, juga ngga kelihatan ada yang menarik. Lalu di sebelahnya ada booth Hyundai, sama aja. Sayang sekali.

Terakhir di Hall A ini ada Mitsubishi. JRENG! Ada yang unik di belakang dekat stage. Mereka punya mobil baru namanya Delica. Bentuknya dari depan agak aneh tapi bikin penasaran, karena fascia-nya agak-agak mirip Hummer. Begitu saya samperin, ternyata MPV sekelas Nissan Serena, Toyota NAV1, atau Mazda Biante. Saya coba bergerak muterin mobil ini. Ternyata design bagian depannya (windshield, mesin, dan dashboard) justru mirip Biante. Pintunya model sliding, sepertinya PSD. Total ada 3 baris, jelas sebuah MPV 7 seater. Ruang kabinnya terlihat lega dari pengamatan sekilas dari luar. Sisi belakangnya pakai pintu model hatch back. Menarik sekali.

Mitsubishi Delica (front)IMG_195Mitsubishi Delica (rear)Mitsubishi Delica (sliding door)Mitsubishi Delica (7 seater)

Dari sini saya lanjut jalan ke lokasi tujuan terakhir yaitu Hall D. Di sisi kiri ada Nissan yang ngga kelihatan sesuatu yang menarik. Di sampingnya ada booth Datsun, juga ngga ada yang menarik, terlebih karena saya sudah lihat langsung mobil mereka di jalanan dan designnya terlihat fresh.

Tepat di seberangnya ada booth Daihatsu. Mungkin karena saya punya Daihatsu Terios, lucunya saya jadi merasa punya ikatan emosional. Hahaha! Saya yang ngga fanatik merek aja merasa begini, gimana orang-orang yang fanatik Daihatsu ya? Di sini, ada mobil Daihatsu Ayla yang didisplay dalam tampilan blow up. Menarik sekali cara mendisplaynya. Lalu ada beberapa mobil konsep, yang mana salah satunya dikasih nama SUV Concept. Bentuknya dari samping agak-agak mirip Mitsubishi Pajero, tapi dari depannya nggak banget menurut selera saya.

Daihatsu Ayla Blow Up Model

Daihatsu SUV Concept (fascia)Daihatsu SUV Concept (side)

Dua booth terakhir di Hall ini ada Toyota di kiri dan Honda di kanan. Sayangnya berdasarkan hasil pengamatan saya sekilas, lagi-lagi saya ngga ngelihat hal yang bisa menarik perhatian saya. Saya jadi punya teori ngarang, jangan-jangan Astra lagi mau ngepush jualan Daihatsu dibanding Toyota dan Honda yang dengan sendirinya lebih disukai oleh masyarakat luas.

Di luar hall, ada booth motor Triumph. Ada satu motor yang buat saya sih asli ganteng banget nih. Bentuknya kayak Jap Bike / Honda CB, tapi katanya yang ini 800cc. Edan!
Triumph Booth
Triumph 800cc

Lanjut jalan ke arah tengah venue, ada booth motor Ducati. Motornya keren-keren, tapi ngga ada yang betul-betul menarik untuk disimak. Mungkin yang menarik adalah motor yang masih ditutupin sarung alias belum dilaunch. Di area tengah dekat pintu masuk utama, ada booth eksklusifnya BMW yang mana saya malas masuk. Di seberangnya ada booth Mini dengan setting terbuka seperti cafe. Ada dua mobil yang ditutupin sarung, tapi saya ngga tertarik untuk melihat launchingnya.

Di samping booth BMW ada boothnya Isuzu. Mereka memajang mobil Mu-X yang kelihatan gagah dan punya fascia yang fresh. Sayangnya mobil displaynya lagi dikerubutin orang-orang, yang sepertinya mereka ini para pemilik perkebunan. Saya nebak begitu karena mereka kelihatan antusias sekali melihat bagian mesin. Di area outdoornya terlihat ada Isuzu Panther. Sepertinya makin ke sini Panther di design jadi lebih tinggi ground clearancenya, telihat sangat siap menghadapi medan off road agak berat. Tapi yang paling menyita perhatian saya adalah small pickup truck double cabin mereka, yaitu Isuzu D-Max. Ya Allah… ini mobil macho banget ya. Bikin ngiler, boss!

Isuzu Mu-X (rear)Isuzu Mu-X (appreciating the engine)Isuzu D-Max (rear)Isuzu D-Max (wheel)

Isuzu D-Max (fascia)

Kemungkinan saya bakal mampir lagi bareng keluarga dan di kesempatan nanti saya bakal meluangkan waktu untuk menyimak sajian masing-masing booth. Tapi saat ini saya masih punya setidaknya dua artikel hasil dari VIP & Press Day IIMS 2014 ini. Sampai ketemu di artikel berikutnya.

–//–

Update:

– Karena satu dan lain hal, saya ngga jadi datang lagi ke IIMS. Satu tiket VIP dan satu free pass hari biasa hangus sudah.

– Saya sempat kaget melihat Terios Spirit di booth Daihatsu. Awalnya saya kira mobil varian baru, ternyata setelah ditelusuri mobil ini hanya modifikasi. Salah satu liputannya ada di sini: http://www.mesinbalap.com/read/11159/daihatsu-terios-spirit-dan-xenia-indigo-bakal-ramaikan-iims-2014

– Booth Subaru menghadirkan Subaru VIZIV, mobil konsep dengan design yang menarik perhatian banyak pengunjung, terlebih karena diletakkan di dekat pintu masuk Hall C.

– Subaru fokus jualan Subaru XV dengan 3 variannya: XV Premium, XV Sports, dan XV STI (dua terakhir adalah varian baru). Warna orangenya ngga biasa, seperti ada efek bunglonnya. Terus terang jadinya terlihat fresh dan ngga seperti warna mobil kantor pos.

– Dari sekian banyak mobil yang dipamerkan, ternyata paling menarik perhatian adalah Subaru BRZ (yang kembaran dengan Toyota 86) dan kedua adalah All-New Subaru WRX STI yang di tahun ini sepertinya akan bermain sendirian. Mengapa begitu? Karena kabarnya rival bebuyutannya, yaitu Mitsubishi EVO, resmi dihentikan. Mungkin hal ini akan membantu penjualan WRX STI kalau pricingnya bisa tetap agresif karena nanti saingannya antara lain bakalan dengan Peugeot RCZ, Honda CR-Z, Renault Megane, Audi TT dan R8, serta Mazda MX-5.

Your comments

