Hasil Tes Kamera Analog

 

36 frame dari tes Chinon CS

Seperti yang saya ceritakan di artikel yang lalu, saya ngetes 2 dari 3 kamera analog dengan film Fuji Superia 200. Sayangnya film dari kamera Contaflex II gagal total. Exposurenya ngga ada yang jadi sama sekali. Gagal total. Jadi kita nobatkan saja Contaflex itu sebagai kamera pajangan. Untungnya film dari Chinon CS cukup berhasil dan inilah hasil scannya.

Kondisi kamera saat dipakai ngetes bisa dibilang super kotor. Teman kantor yang ngelihat viewfindernya aja langsung kaget. “Buset! Kotor banget nih..”, katanya. Ketiga lensa yang dipake ngetes semuanya dijamin jamuran. Terakhir, baterenya kosong meski tetap bisa berfungsi normal tanpa batere. Yang hilang hanya fitur exposure meternya aja.

Roll film ini saya percayakan untuk cuci dan scannya ke Foto Praga di Jatiwaringin. Berikut beberapa hasil tesnya.

Khasnya tambal ban.
Vespa teman kantor.
Si El admin Get Lost in Indonesia.

Secara keseluruhan, saya kesulitan mendapatkan fokus di lensa-lensa manual yang ada. Mungkin saya harus mencoba cari tempat servis yang terprecaya untuk membersihkan body dan lensa-lensanya. Chinon ini sekarang sudah dipasang batere LR44 dan exposure meternya sudah berfungsi. Di dalamnya ada satu roll Superia 200 “punya” istri, tapi nanti saya mau coba-coba motret juga sambil dicatat setingan dan framenya.

Sementara ini untuk melihat ke-36 foto hasil test pertama, silahkan klik di sini. Dan kalau ada yang tahu studio / lab yang terima cuci dan scan foto di kisaran daerah Menteng, Matraman, Rawamangun, boleh dong dituliskan di comment. Terima kasih.

One thought on “Hasil Tes Kamera Analog

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s