Impresi Plantronics BackBeat FIT

Plantronics® BackBeat FIT

Beberapa waktu yang lalu, saya dapat kabar bahwa teman-teman saya di Headfonia Store buka cabang baru di Mal Ambassador. Kebetulan saya lagi nyari earbuds untuk jogging dan di website mereka ada beberapa pilihan earbuds untuk sport. Salah satunya Plantronics BackBeat FIT. Langsung saya meluncur ke toko mereka untuk nyoba earbuds ini. Seperti apa impresinya?

Pertama adalah impresi fisiknya.  Bahan seperti karet yang membungkus earbuds ini cukup bikin pede akan daya tahannya terhadap basah. Baik yang asalnya dari keringat maupun dari air hujan. Ukurannya sekilas seperti terlalu besar, tapi setelah dipasang di kepala ternyata pas. Ear hooknya ngga ngeganggu, alur kabel ke belakang kepala juga ngga enteng-enteng aja.

BackBeat FIT ini punya earbuds berbentuk corong. Jadi designnya memang bukan untuk isolasi noise dari luar. Hal ini bagus untuk keselamatan pelari karena dia jadi bisa sadar akan keadaan di sekitar sewaktu lari. Di arah yang berlawanan dengan corong, ada karet yang mencuat dan berfungsi untuk menjaga supaya earbud ngga mudah goyang atau terlepas dari rongga kuping. Benturan kecil dan gesekan dari luar juga ngga bikin timbul efek microphonic yang bisa mengganggu. Proses pairing dengan Nexus 4 juga relatif gampang.

Kebetulan di hape saya isi dengan MP3 lagu-lagu yang upbeat yang cocok untuk menemani lari. Suara yang dihasilkan ternyata cukup baik, meski bocornya isolasi juga cukup terdengar. Untuk lagu yang upbeat, tentunya saya nyari bass. Di earbud ini, bassnya ngga tebal (karena faktor bocor) tapi juga ngga tipis alias masih wajar. Suaranya bisa dibuat kencang banget sampai bocornya isolasi ngga kentara, tapi kuping jadi budek karena volume audio yang terlalu besar.

Plantronics BackBeat FIT ini menurut saya cukup menjanjikan sebagai pilihan earbuds untuk menemani lari. Suaranya masuk di atas rata-rata dan saya akan cukup pede earbuds ini ngga akan lepas sewaktu dipakai lari. Tapi bukan berarti tanpa kekurangan.

Saya mengalami kesulitan untuk mengoperasikan earbuds ini, karena semua tombolnya ada di bagian yang menempel ke telinga. Ngga kelihatan sama sekali. Tapi saya yakin ini masalah ngebiasain diri aja. Semakin lama pasti semakin hafal.

Yang paling ganggu saat saya coba adalah karet di earbudsnya yang bikin sakit di area luar rongga telinga saya. Saya ngga tau apakah Plantronics ngasih pilihan untuk ukuran karetnya atau ngga. Mudah-mudahan sih ngasih ya. Soalnya di demo unit yang saya pakai cuma itu aja yang disediain.

UPDATE: Menurut informasi di websitenya, sepertinya karet / tips earbudnya cuma ada satu ukuran. Berarti earbuds ini bukan untuk saya. Sayang sekali, seandainya aja ada beberapa ukuran..

Sayangnya saya cuma punya waktu sebentar untuk mencoba Plantronics BackBeat FIT ini. Jadi baru bisa ngasih sedikit impresi aja. Mudah-mudahan ada kesempatan untuk mencoba earbuds ini sambil jogging untuk mendapatkan kesimpulan akhirnya.

Your comments

