Impresi Plantronics BackBeat GO 2

Plantronics BackBeat® GO 2

Masih melanjutkan artikel sebelumnya sewaktu saya main ke Headfonia Store, selain BackBeat FIT mereka juga ada demo unit untuk tipe BackBeat GO 2. Secara bentuk mungkin lebih familiar karena memang mirip dengan earbuds pada umumnya. Tapi bagaimana impresinya?

Kualitas fisik BackBeat GO 2 ini termasuk bagus. Meski berbahan plastik, tapi ia terlihat rapi dan terasa solid saat dipegang. Kabelnya terlihat kurus kalau dibandingkan dengan earbudsnya, jadi waktu itu saya agak hati-hati megangnya. Takut kenapa-kenapa.

Proses pairing sebetulnya mudah, tapi karena belum biasa jadinya agak ngeraba-raba. Cara mudah yang saya temukan adalah pertama pasang earbud yang kiri sampai pakem di telinga. Dengan begini, unit remote akan lebih mudah dilihat saat kita mau pairing. Setelah itu tekan tombol kotak yang ada di unit remotenya sampai terdengar kode pairing mode. Setelah pairing sukses, baru pasang earbud sebelah kanan sampai pakem di telinga.

Fitting dari BackBeat GO 2 ini terasa sangat familiar buat saya. Meski awalnya unit earbudsnya terkesan besar, ternyata rasanya ringan dan enak di telinga. Ngga lupa karet stabilizernya saya cantelkan ke telinga supaya earbuds ngga mudah lepas. Secara keseluruhan, buat saya fitting earbuds ini lebih enak daripada tipe BackBeat FIT.

Kualitas suaranya saya kasih jempol. Secara umum, earbuds ini berkategori suara V-shaped, alias cocok buat lagu-lagu mainstream saat ini. Meski begitu, suara bass-nya ngga sampai nutupin mid/vokal dan high range. Saya test dengan MP3 hip hop dan EDM rasanya cocok sekali untuk selera saya.

Sayangnya di sini saya harus ngasih tahu kekurangannya. Kabel BackBeat GO 2 ini rentan terhadap microphonic. Suara benturan kabel dengan anggota tubuh dengan mudah terdengar ke earbudsnya. Buat saya hal ini sangat mengganggu kenyamanan.

Lalu fitting yang enak harus dibayar dengan budeknya saya terhadap situasi sekitar. Sebenarnya hal ini bukan deal breaker, tapi artinya kalau saya mau pakai BackBeat GO 2 untuk olah raga, sebaiknya saya memilih lingkungannya yang terkontrol. Misalnya untuk latihan di gym atau lari di jogging track, jangan lari di jalanan.

Kesimpulannya: 

Plantronics BackBeat GO 2 adalah pilihan earbuds wireless yang bagus. Suaranya mantap, fittingnya nyaman, bentuknya ringkas, dan pairing bluetoothnya juga sangat mudah. Jika Anda bisa mentolerir microphonic dari kabelnya, maka saya rekomendasikan earbuds ini ke dalam short list pilihan Anda.

Your comments

