Newbie Berlari: Jempol Kaki Kesempitan

Sepatu lari yang saya ceritain di sini cuma satu keluhannya: jempol kaki saya kesempitan. Selebihnya fine-fine aja. Saya udah coba gunting kuku jempolnya, pakai kaos kaki tipis, sampai ke ngelonggarin talinya. Sampai satu hari saya nemu artikel yang menyinggung masalah ini. Begini katanya…

Konon ada suatu kondisi di mana seorang pelari jari kakinya jadi berwarna hitam. Di sono pada bilangnya black toe nail. Jangan digoogling fotonya ya. Gambarnya serem-serem. You’ve been warned! Di artikel yang saya baca itu bilang untuk sindrom seperti ini, bisa dicoba untuk mengubah pola tali temali di sepatunya untuk mengurangi tekanan ke jari yang bermasalah.

Karena masalah saya dengan sepatu Volans 2 ini hanya di jempol, jadi saya coba menali pakai pola Bruised Toe Lacing. Supaya kebayang, saya embed videonya di bawah.

Dengan cara ini, tekanan di jempol kaki cukup menurun. Jempol saya jadi ngga terlalu berasa kesempitan lagi. Kekurangannya, fitment sepatu jadi agak longgar yang justru saya kurang suka. Untuk mengakali hal ini, saya kombinasikan dengan metode Runner’s Loop seperti pada video di durasi awal. Hasilnya, fitment bagian heel jadi sedikit sedikit lebih erat.

Ada juga beberapa pola tali lainnya yang bisa dicoba sesuai dengan keluhannya. Anda bisa baca di KatieRunThis. Disclaimer: Namanya juga hack, pasti ngga akan sempurna. Kalau finansial ngga masalah sih tinggal beli yang lain. Tapi kalau budget terbatas dan/atau problemnya masih bisa diakali ya apa salahnya dicoba. :)

One thought on “Newbie Berlari: Jempol Kaki Kesempitan

Your comments

