1 Bulan Kemudian: League Volans 2.0

Satu bulan sudah saya miliki sepatu League Volans 2.0 ini. Impresi awalnya termasuk sangat baik untuk sebuah brand lokal dengan harga yang terjangkau. Kini setelah saya berlari dengan sepatu ini kurang lebih 20 – 25 km, saya bisa kasih ulasan yang sedikit lebih mendalam. Ada hal-hal yang saya suka, ada juga yang saya ngga suka. Apa saja kah?

League Volans 2.0 adalah sepatu lari yang cocok untuk midfoot dan forefoot striker. Heel striker sebaiknya cari sepatu lari lain. Ringan, fleksibel dan empuk adalah 3 karakteristik utama yang saya temukan dari sepatu ini.

Saya merasa sepatu ini akan cocok untuk Anda yang memiliki pronation netral dan supinate/under-pronate. Saya ngga menyarankan sepatu ini untuk over-pronator. Cushioning yang empuk hingga ke area forefoot cenderung membuang gerakan kaki Anda ke arah jempol kaki saat toe off.

Untuk Anda yang memiliki kaki agak lebar (seperti saya, lebar E hingga 2E), sebaiknya Anda memilih ukuran satu nomor lebih besar dari yang biasa Anda gunakan. Tapi kalau ternyata harus naik 2 nomor, sebaiknya cari sepatu lari lain.

Suka:

  • Midsole empuk, kaki ngga cepat capek.
  • Bobot ringan.
  • Fitment bagian heel dan mid upper ngepas di kaki.
  • Design dan warna yang cerah tapi ngga ganggu.
  • Harga relatif murah untuk sepatu sekelas ini.

Ngga Suka:

  • Bahan upper mesh sulit melar meski sudah break in.
  • Jempol kaki jadi mudah tertekan saat toe off karena poin di atas.
  • Tidak ada bidang penahan jempol di bagian upper.

Kesimpulan:

League Volans 2.0 bisa dipertimbangkan bagi Anda yang memiliki budget terbatas. Saya sendiri sudah tidak menggunakan sepatu ini lagi karena masalah sempit di toe box yang membuat jempol kaki saya sering tergencet. Sepatunya saya hibahkan ke adik sepupu.

Terus terang saya suka dengan sepatu ini. Jika tidak ada keluhan, saya akan terus pakai sepatu ini sampai jebol. Kemungkinan saya akan coba lagi di bulan April dengan satu nomor lebih besar. Mudah-mudahan keluhan di jempol kaki tidak lagi terjadi. Kenapa harus bulan April? Sebab kabarnya League akan mengeluarkan Volans 2.0 versi Hypnorun :)

Me likey!

 

5 thoughts on “1 Bulan Kemudian: League Volans 2.0

  1. Terima kasih ulasannya, gan.
    Boleh minta saran, sy baru mulai lari dan sedang cari sepatu yang harganya terjangkau. Kira2 sepatu apa ya yang cocok untuk tipe kaki datar? Seperti nya league volans ini gak cocok ya? :-)
    Terimakasih

    1. kalo terjangkau sih banyak banget pilihan saat ini. mulai dari yang ada tokonya sampai yang jualan ori di facebook/tokopedia/bukalapak. merek lokal jg mulai banyak yang bisa dilirik, selain league ada specs, spotec, dan 910.

      mengenai sepatu untuk kaki datar, teman saya sih ada yang merasa cocok pake league ghost runner. kalau saya sendiri cenderung mengabaikan hasil cek tapak kaki. saya lebih suka melihat lokasi keausan di sepatu yang lama. menurut saya lebih akurat dibanding cek tapak kaki untuk mengetahui cara kita berlari/berjalan. sebagai acuan memilih sepatu lari pun akan lebih baik.

      1. terima kasih responsnya yang cepat. saya dapat banyak ilmu baru, nih :-)
        kalo dilihat dari keausan sepatu sy, di bagian tumit sebelah luar paling banyak aus dan di bagian telapak kaki dekat dengan kaki juga lebih tipis. kalo seperti itu cocoknya sepatu yang gimana, ya mas?
        terima kasih konsultasinya :-)

Your comments

