Masalah Android: Problem Koneksi Wi-Fi

Saya ngga tau persis salahnya di mana, tapi setelah update ke Android 5 atau Lillipop, hape saya jadi sering ngaco untuk urusan Wi-Fi dan GPS. Kejadian paling fresh baru aja weekend kemarin. Wi-Fi rumah terdeteksi, tapi ngga bisa konek. Lah kan aneh…

Beberapa cara yang umum sudah saya coba. Misalnya matiin Wi-Fi di hape, terus nyalain lagi. Gagal. Modifikasi setingan di networknya, cuma isi ulang password sih, tetap ngga ngaruh. Hapus nama Wi-Fi-nya, terus coba register lagi. Sama, gagal juga. Anehnya di laptop saya ngga ada masalah untuk konek ke Wi-Fi-nya. Di android punya istri saya juga ga ada masalah. Waduh… Masa harus beli hape baru? Lagi ga ada budget pula.

Lalu saya coba googling dari laptop dan ketemu beberapa diskusi terkini yang ngebahas masalah yang sama. Menurut diskusi-diskusi tersebut, benang merah masalah Wi-Fi ini berkaitan dengan setingan GPS atau Location. Jadi, oleh beberapa user, diakui dua fungsi ini sebagai biang kerok kusutnya koneksi Wi-Fi dan di beberapa kasus bisa bikin GPS kusut juga.

Tapi menurut saya, hal ini bukan penyebab ngga bisanya hape saya konek ke Wi-Fi rumah meski networknya terdeteksi. Soalnya sebelum-sebelumnya ngga ada masalah dan waktu itu pun Android saya udah update ke Lollipop. Terbukti, setelah saya coba ubah-ubah setingan Location (GPS) di hape saya, masalahnya ngga hilang.

Sebagai usaha terakhir, saya coba matikan hape saya, lalu dinyalakan kembali. Dan… ngga bisa juga. Ketika itu saya merasa ketemu jalan buntu. Saya tarik tampilan setingan dari atas layar hape saya dan saya hanya bisa menatap layar sambil mikir, “Salah di mana ini?”

Tiba-tiba mata saya tertarik pada icon pesawat terbang di sana. Lalu saya coba aktifkan Airplane Mode sebentar, kemudian saya matikan kembali. *Cring..!* Ajaibnya, Wi-Fi rumah langsung terkoneksi.

Sampai saat ini saya ngga bisa kasih penjelasan yang konkret. It is what it is. Mungkin bisa Anda coba juga kalau hape Android Anda ketemu masalah yang sama. Siapa tau berhasil. Yang jelas, saya lebih puas ketika Android saya masih Kit Kat karena ngga banyak masalah. Lollipop ini rasanya seperti diluncurkan sebelum benar-benar matang.

4 thoughts on “Masalah Android: Problem Koneksi Wi-Fi

  1. Kalo saya masalahnya lain..
    Konek sih bisa.. cuman ga bisa ngapa-ngapain
    Browsing dan lain-lain setops..
    Coba semua cara termasuk yang dipos diatas.. tetep.. ga bisa..
    mudah-mudahan ada pencerahan lain.

    1. di kasus seperti itu, biasanya sih suka disaranin untuk coba konek ke wifi yg sama tapi pakai device lain (hape / laptop) untuk cek yg bermasalah koneksi internetnya atau devicenya.

  2. Wah, masalah Saya teratasi, terimakasih penjelasannya. Ternyata setelah dinyalakan mode peshawar, trus balikin lagi akhirnya wifi Saya sukses konek. Makasih

Your comments

