4 Pertimbangan Finansial Untuk Pembeli Mobil Pemula

Ilustrasi nyoba mobil baru. (sumber foto: detik.com)

Siapa yang ngga senang bisa punya mobil? Apalagi kalau hitungannya sudah butuh punya mobil, bisa dibela-belain meski bayarnya nyicil. Nah, ngomong-ngomong soal nyicil, pasti butuh berhitung yang cermat sebelum bikin deal dengan si sales mobil. Poin-poin di bawah ini bakal membantu khususnya bagi Anda yang baru pertama kali membeli mobil. Apa aja sih poin-poinnya?


Pertama yang harus disadari adalah jangan tergiur sama angka cicilan per bulan. Coba hitung juga berapa lama kesanggupan psikologis Anda untuk mencicil. Sebab biar kata angka bulanannya ‘terjangkau’, tapi kalau nyicilnya sampai lewat dari 5 tahun sih eneg juga. Lebih cepat bisa lunas, tentu lebih baik.

Lalu ada biaya-biaya lain yang ngga terlihat saat kita melihat brosur atau ngobrol sama sales mobil. Biaya-biaya ini sifatnya penting dan masuk ke perhitungan pengeluaran bulanan. Karena itu wajib dijadikan bahan pertimbangan calon pembeli. Biaya-biaya tersebut antara lain:

Uang bensin.
Sebagai gambaran, anggaran belanja BBM saya tiap bulan berada di kisaran 800 ribu – 1 juta rupiah. Berdasarkan survey kecil ke teman-teman saya, rata-rata juga anggarannya segituan. Pengisian BBM umumnya seminggu sekali.

Pajak STNK.
Bayarnya memang setahun sekali, tapi angkanya bisa bikin kaget. Terios saya (edisi 2013) pajaknya 2.5 – 2.6 juta. Angka segitu baru untuk kepemilikan 1 mobil. Kalau saya nambah mobil, bakal kena pajak progresif.

Biaya service.
Selama masa cicilan, saya service mobilnya selalu di bengkel resmi supaya garansi ngga hangus (biar ngga mubazir). Sebagai gambaran, terakhir saya service ringan (6 bulan sekali) kena sekitar 850 ribu. Service seperti ini dilakukan karena penggunaan mobilnya pun tergolong ringan. Kalau service di bengkel umum, mungkin bisa lebih murah dengan risiko garansi hangus.


Semua informasi berdasarkan pengalaman saya pribadi, yang merupakan pemula dalam membeli mobil. Mudah-mudahan bisa membantu Anda untuk menghitung pengeluaran bulanan yang terjangkau dan masuk akal. Dengan perhitungan yang baik, tentu manfaat mobilnya akan lebih maksimal.

Jika ada hal yang terlewat oleh saya, atau mau kasih koreksi atau mau kasih tambahan, silahkan dituliskan di box komentar.

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s