“Gue ngga pernah lari. Kalo mau mulai dari mana?”

Pemikiran kaya judul di atas biasanya bikin kita ngga mulai-mulai berlari. Ada rasa takut untuk memulai sesuatu yang “baru”. Setidaknya baru bagi kebiasaan kita akhir-akhir ini. Tenang aja.. Pemikiran kaya begini wajar kok. Positifnya, di jaman serba canggih kaya sekarang ini kita bisa dapat bantuan yang (hampir) gratis. Gimana caranya?


Pertama, saya berasumsi kalau Anda punya smartphone. Ngga perlu yang terlalu mahal macam Samsung Galaxy Note atau iPhone lah. Android lokalan yang murmer juga (seharusnya) sudah bisa dimanfaatin untuk ngebantu Anda memulai lari. Kalau Anda ngga punya smartphone, nanti di akhir artikel akan saya kasih link untuk dapat versi printnya.

Kata kuncinya adalah: C25K atau singkatan dari Couch To 5K. Kata kunci ini Anda gunakan untuk mencari app yang bakal dipakai untuk ngebantu kita memulai lari. Anggapannya dari ngga pernah lari sama sekali, alias tukang ngejogrok di sofa sambil nonton TV atau kebanyakan duduk main game, sampai akhirnya nanti bisa lari non-stop sejauh 5 km.

Saya adalah pengguna android. Tapi buat pengguna smartphone lain (non android) ngga usah khawatir karena pada intinya sama aja. App C25K mana pun isinya tetap program latihan C25K cuma beda kemasan aja. App yang mau saya ceritain ini untungnya adalah free app, setidaknya sampai pada saat saya nulis artikel ini.

C25K® - 5K Trainer FREE dari Zen Labs LLC
C25K® – 5K Trainer FREE dari Zen Labs LLC

Latihan pakai app ini sama sekali ngga berat. Kita cukup luangin waktu 30 menit untuk satu sesi, bisa subuh pas masih sepi atau malem sepulang kerja. Udah gitu seminggu cukup 3x aja. Bisa selang seling, sehari latihan, besoknya istirahat, dst. Asal jangan tiap hari aja karena otot kita juga butuh pemulihan makanya ada hari istirahat. Total waktu program ini dari awal sampai selesai cuma 8 minggu. Ya kasarnya 2 – 3 bulan lah, tergantung seberapa rajin dan seberapa disiplin kitanya.

Kalo tadi gambaran besarnya, sekarang saya mau kasih gambaran per sesi latihannya. Rata-rata sesi latihan dimulai dengan pemanasan 5 menit. Jalan kaki juga udah cukup kok buat pemanasan. Selanjutnya kita akan dikasih tau untuk mulai lari selama beberapa waktu, lalu ganti ke jalan kaki selama beberapa waktu. Terus berulang sampai si app ngasih tau kita untuk cool down, yang biasanya 5 menit juga, lalu selesai deh sesinya.

Selamat! Anda baru aja kenalan sama yang namanya latihan lari interval. Tujuan program ini sebetulnya supaya kita ngebiasain diri untuk lari. Ngga masalah mau jauhnya nyampe 5K atau ngga. Dan di akhir program, tujuannya adalah supaya kita sanggup lari tanpa berhenti selama 30 menit yang biasanya 5 km aja mah nyampe.

App C25K dari Zen Labs ini termasuk mudah untuk dijalanin. Kita bisa set untuk ada reminder berupa audio atau getaran. Kalau mau, kita juga bisa ngeposting hasil latihan kita ke sosmed. Siapa tau ada teman-teman yang tertarik ikutan nyoba, nantinya jadi bisa ikutan race bareng-bareng. Seru!


Buat Anda yang ngga punya smartphone, sesuai janji di awal artikel, saya kasih link ke program C25K versi cetak dalam Bahasa Indonesia. Klik di sini! Jadi Anda bisa cetak dan tempel di kamar, pintu kulkas, atau di tempat yang Anda ngga bisa mengelak lagi dan mau gak mau harus ngejalanin latihannya.

Selamat berlatih!

2 thoughts on ““Gue ngga pernah lari. Kalo mau mulai dari mana?”

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s