Newbie Berlari: Indo Runners TNR

Salah satu cara supaya lari kita jadi lebih baik, menurut artikel yang saya baca di internet, adalah dengan ikutan running club. Tapi di mata saya, ikutan klub itu kesannya terlalu serius bahkan ke arah pro. Saya mah yang kasual aja deh, tapi larinya tetep serius. Kebetulan ada teman yang suka lari ngeposting tentang TNR-nya Indo Runners. Saya pun penasaran pingin tau, apa sih TNR ini?

Jadi, di Facebook ada sebuah group yang isinya orang-orang yang hobi lari. Namanya Indo Runners (IR), sebuah gerakan yang mengajak masyarakat Indonesia untuk berolah raga lari. Partisipan IR-nya sendiri tersebar di seluruh Indonesia. Karena saya di Jakarta, jadi nyari infonya tentang aktivitas di sekitaran Jakarta aja dan yang cukup mudah saya datangin.

Salah satu aktivitas ini dikasih nama TNR atau Thursday Night Run. Sesuai namanya, IR bakal lari bareng setiap Kamis malam. Start kumpul di FX Sudirman jam 19.30 dan mulai lari jam 20.00 di area Gelora Bung Karno (GBK). Siapa pun boleh ikutan TNR ini. Gratis! Waktunya cocok, tempatnya juga enak. “Boleh juga nih dicobain,” pikir saya.

Kebetulan saya ke kantor pakai motor. Jadi saya bisa manfaatin jadwal 3 in 1 untuk menembus Sudirman, mumpung belum terlalu macet. Saya parkir di kawasan GBK, ada beberapa lahan parkir yang bisa dipilih, tapi saya cuma dikasih dua rekomendasi sama teman:

  1. Paling ideal parkir di Driving Range, terus sewa loker luar. Fasilitasnya terbilang lengkap: loker, handuk, kantong plastik, shower air hangat, sabun, shampoo. Minusnya, harga sewa loker 20 ribu per 1x sewa dan jam 22.00 mereka tutup.
  2. Parkir di Pintu VII. Ada sewa loker dekat situ, tapi fasilitas minimalis alias jangan berharap lebih dari sekedar tempat ganti baju. Harga sewanya 5 ribu aja dan kayanya buka lebih lama daripada Driving Range.

Sampai di FX, sudah ada beberapa orang yang hadir di lobby luar. Jam 19.30 lewat dikit, kita mulai pemanasan dan ada yang mimpin. Selesai pemanasan, ritual foto-foto dulu lah.. Abis itu kita mulai lari bareng-bareng dengan rute di bawah ini:

Starting out too fast, too much, too soon. Itulah yang terjadi sama saya. Sewaktu mulai lari, saya cuma mikir ikutin yang depan. Ternyata yang di depan saya persis itu sudah jauh lebih senior. Bukan senior umurnya ya, tapi jam terbang dia berlari sudah lebih tinggi daripada saya. Akibatnya baru lari 1 km nafas saya langsung ngos-ngosan. Pace dan kecepatan ngedrop parah. Bahkan beberapa kali sempat jalan kaki saking abisnya nafas.

Saya baru bisa kembali normal pas udah masuk ke dalam area stadion utamanya. Pelan-pelan saya coba terusin lari. Muter-muter aja entah sampai berapa kali. Teman-teman IR yang senior larinya lawan arah. Jadi saya bisa berpapasan sama mereka beberapa kali. Sampai tiba-tiba saya ngerasa, “Lho? Pada ke mana ini orang-orang?”

Terus terang saya ngga hafal area GBK kalau dari dalam. Ngelihat gedung-gedung di luar juga saya masih ngga bisa berorientasi arah. Ya namanya juga newbie. Akhirnya saya tanya sama pak satpam, lalu diarahin ke salah satu pintu. Begitu muncul ke jalan gede, “Jiaahh.. Ini mah jauh dong, pak”. Oke, lain kali kalau ngelihat gedung ada tulisan Freemont, itu nongolnya dekat lampu merah persimpangan Plaza Senayan.

Maka jalan kakilah saya di trotoar, balik ke arah FX. Di tengah jalan, saya ketemu sama teman-teman IR. Mereka juga lagi pada jalan balik ke FX. Saya gabung lagi untuk pendinginan sekalian cari minum. Ngga lupa ritual foto-foto sebelum bubaran.

Saya ngerasa sesi TNR saya malam itu jelek sekali gara-gara memulai lari terlalu cepat. Bete campur ngga pede. Lalu teman saya ada yang nanya,

“Gimana tadi, bro?”
“…(saya ceritain tentang memulai terlalu cepat)…”
“Oh gitu.. Dapat berapa totalnya tadi?”
“Cuma 6.6 kilo”
“Wah, lumayan dong 6.6 sih”

Baru tau saya kalo TNR dapat 6.6 km hitungannya sudah bagus. Padahal yang lain pada lari minimal 10 K dan waktunya sama-sama hampir 1 jam. Ah ya sudah lah. Baru juga sekali nyoba. Besok-besok TNR lagi ah :)

https://www.endomondo.com/embed/workouts?w=lobtlVI-8PI&width=580&height=600&width=950&height=600

Your comments

