Impresi Fun Run: EU On The Move 5K 2015

Photo credit: liputan6.static6.com

Hari minggu kemarin (3 Mei 2015), saya ikutan acara fun run 5K yang diadain oleh perwakilan European Union di Jakarta. Nama acaranya EU On The Move 5K 2015 (EU5K) yang diorganisir oleh IM Road Runner. Seperti apa sih acaranya?

Pertama kali saya tau ada acara ini dari informasi di FB IndoRunners. Acaranya berupa charity dengan kemasan fun run. Biayanya cuma 50 ribu rupiah aja. Murah banget dan nothing to lose, namanya juga fun run. Langsung aja saya daftar online. Proses pendaftaran agak terkendala di pembayaran. Untung panitianya sigap dan ngasih opsi untuk bayar cash saat pengambilan race pack. Isi race packnya ternyata lumayan buat harga segini.

Di hari H, saya sengaja berangkat subuh naik motor supaya lebih mudah dapat parkir. Saya memutuskan untuk coba parkir di Sampoerna Strategic Square. Parkirannya sepi dan aman. Lalu saya nyambung lift ke lantai LG dan jalan kaki mengikuti penunjuk exit. Ternyata munculnya di jalan masuk parkiran mobil. Sudah sangat dekat dengan starting gate.

Sambil menunggu event dimulai, panitia menyediakan sarapan (pisang dan air mineral 350 ml), 2 unit porta-potty, dan face painting. Semuanya gratis untuk peserta. Semakin mendekati waktu start, orang-orang makin berkerumun dekat gate. Saking penuhnya, ternyata beberapa peserta ada yang bersiap di samping gate, di badan jalan Sudirmannya. Hahaha!

MC pun memulai countdown. “Dari 20, 19, 18, …”, teriak si MC. Kelamaan kali, mbak, kalo dari 20. Air horn dibunyikan tanda event dimulai. Semua peserta harus memulai dengan sangat hati-hati karena area sekitar gate penuh sekali dan MC berkali-kali mengingatkan untuk tidak saling dorong. Begitu saya masuk badan jalan Sudirman, saya langsung lari dan loncat ke jalur cepat. Ternyata semuanya juga mikir begitu. Ya elah penuh-penuh juga dong…

Rutenya secara official tertulis 5,3 km. Start dari samping Sampoerna Strategic Square, masuk Sudirman dan berputar di ujung jalan (Patung Pemuda), lalu lanjut balik hingga finish di lobby gedung Intiland.

Saya baru ngeh bahwa 2000 peserta itu orangnya buanyak sekali. Sepanjang melihat ke depan, jalan Sudirman dipenuhi kepala manusia. Saya kirain ada macet atau ngga sengaja gabung dengan kegiatan lain, ternyata kepala-kepala itu semua peserta EU5K. Ramenya sudah kaya cendol aja.

Ketika berputar di Patung Pemuda, panitia ngasih gelang karet tanda sudah lewat setengah perjalanan. Gelang karet ini jauh lebih menyenangkan dibanding lanyard (sewaktu Reliance Run). Lebih ringkas dan ngga ganggu. Sekitar 5 meter dari putaran, water station sudah siap ngebagiin air mineral. Kali ini bentuknya kemasan botol 350 ml. Mewah tapi ribet untuk dibawa sampai finish.

Untungnya event ini fun run. Sebab gate finishnya persis di gerbang masuk ke gedung Intiland, dan tempatnya sempit buat nampung peserta sebanyak ini. Finisher banyak yang ngantri masuk untuk melewati gate. Begitu dapat medali, saya langsung melipir nyari tempat lega biar bisa nafas dan pendinginan.

Di tengah hiruk pikuk macam pasar becek itu, tiba-tiba BIB saya ada yang nyoret pakai spidol merah. Oh ternyata panitia. Lalu ada yang nyatat waktu, tapi manual pakai kertas dan pulpen. Yang tabah ya mbak-mbak panitia. Ayo semangat!

Para finisher disuguhi musik, apel, air mineral, dan berbagai hidangan khas eropa yang menanti di booth seperti bazaar. Tapi justru karena bentuknya seperti bazaar, saya jadi ngga tau apakah kita harus beli atau boleh ambil gratis. Berhubung lagi tong pes, saya milih untuk pass aja deh. Hehehe…


IMPRESI KESELURUHAN

Dengan berbagai keterbatasan dan kendala, event ini berhasil dijalankan. Secara keseluruhan saya menilai event ini digelar dengan baik dan sangat rapi. Biasanya saya menutup dengan list hal-hal yang saya suka dan ngga suka. Tapi EU5K ini biayanya cuma 50 ribu aja. Dapat jersey, dry bag, dan medali itu udah mewah banget. Belum lagi buah-buahan dan air mineral yang berlimpah. Good job untuk perwakilan EU di Jakarta dan IM Road Runner sebagai pelaksana!

Your comments

