Newbie Berlari: Belajar Lari Lebih Cepat

Saya pikir postur lari sudah dijaga. Saya pikir teknik fore foot strike saya sudah baik. Saya pikir badan saya sudah agak condong ke depan supaya badan saya sedikit tertarik oleh gravitasi. Sedangkan orang itu *menunjuk si mas yang lari seberang jalan* postur larinya jauh dari sempurna. Tapi kenapa dia lebih cepat daripada saya??


Frustasi. Itulah satu kata yang pas menggambarkan perasaan saya pagi itu. Hal pertama yang terpikir adalah untuk menambah pace dengan memperbanyak langkah. Ternyata si mas di seberang larinya perlahan malah semakin menjauh.. dan jauh.. dan jauh… Padahal gerakannya segitu-gitu aja. “Hmm.. Apa yang harus gue perbaiki ya?”, pikir saya sambil kembali lari seperti biasa.

Mari kita browsing forum-forum! Berdasarkan berbagai contekan dari yang sudah pada senior, kecepatan lari ngga akan bertambah hanya dengan memperbanyak langkah. Buktinya, para pelari elit bisa lari kencang tapi dengan frekuensi langkah yang sama. Bener juga ya. Tapi kok mereka bisa sih? Apa rahasianya?

Salah satu senior di dunia atletik, Michael Yessis, mengatakan kalo kita mau larinya kencang yang pertama harus dilakuin adalah memperpanjang stride, bukan memperbanyak frekuensinya. Kalo punya waktu, silahkan langsung tonton videonya di bawah ini.

Yang saya tangkap, rumus kasarnya ritme cepat + langkah panjang = lebih cepat sampai tujuan. Jadi yang saya lakuin pagi itu cuma nambahin cadence (ritme), sedangkan stride-nya tetap pendek gara-gara takut cedera akibat over-striding. Tapi kan saya juga kepingin dong bisa lari lebih cepat.

Dengan patokan video Oom Yessis tadi, inilah daftar hal yang harus saya lakuin untuk latihan nambahin panjang stride.

  1. Angkat! Paha ke depan supaya langkah bisa lebih jauh.
  2. Langkah! Kaki bawah harus ngelangkah ke depan, tapiii…
  3. Turunin! Cepat-cepat turunin kaki supaya ngga over-striding.
  4. Push! Dorong badan ke depan, jangan minta tolong gravitasi.
  5. Repeat.

Nambah lagi deh jenis latihannya. Saya coba praktekin besok pagi. #marilari

 

 


Sumber foto di paling atas: saltmarshrunning.com

Bonus video: Latihan stride para sprinter.

One thought on “Newbie Berlari: Belajar Lari Lebih Cepat

Your comments

