Yurbuds: Earphone Untuk Runners

Sudah lama saya penasaran dengan earphone merek Yurbuds. Mereka ngejanjiin earphone yang bakal nempel terus di kuping meski aktivitas olah raga kita rusuh banget. Juga ngejanjiin earphone mereka sweat proof. Cocok banget nih buat nemenin lari. Tapi saya ngga tau di mana yang jual kalo di Indonesia, sampai satu hari saya lihat di YouTube-nya Headfonia Store, mereka memperkenalkan Yurbuds. Exciting banget!


Saya coba kontak ke Headfonia Store dan ternyata Yurbuds sudah ada demo unitnya di toko cabang STC. Langsung deh saya mampir. Ternyata Yurbuds yang masuk Indonesia belum lengkap tipenya. Mungkin karena importir lagi ngetes pasar. Tapi yang menarik, range harga Yurbuds ini lumayan bersahabat, antara 300 ribu sampai 1.5 jt.

Pertama, saya dikasih coba model Signature Series ITX-3000. Ini pertama kalinya saya coba sistem Twist-Lock khas Yurbuds. Begitu terpasang, ternyata betul-betul nempel di kuping dan susah dilepas. Ear tip karet berbentuk corong khas Yurbud ternyata bikin efek nyangkutin si ear phone di rongga telinga.

Earphone model standar bawaan hape pasti lebih gampang lepas. Earphone model IEM yang harus dicolok ke dalam lubang telinga gimana? Justru lebih gampang lagi untuk lepas dari kuping begitu kita berkeringat selagi olah raga.

Yurbuds ini ngga kedap suara, karena memang didesain supaya pelari lebih safe ketika lari di jalan. Jadi tetap bisa ngedengar suara dari sekitar, baik itu kendaraan, sepeda yang sharing tempat lari, dsb. Bedanya dengan earphone biasa, Yurbuds ini tetap bisa dengar musik dengan jelas dan bass-nya ngga hilang. Sedangkan earphone biasa cenderung nyemprotin bass hump yang bikin kesan suara jadi cempreng.

Kalau suka yang lebih ngebass bisa coba Yurbuds dengan eartips kaya gambar di atas. Jadi ujung karetnya punya bentuk mirip IEM. Dengan bentuk seperti itu, si karet bisa bikin seal yang lebih baik di rongga telinga. Otomatis suara bass bakal lebih kedengaran dan dalem. Minusnya, kita jadi betul-betul budek dan ngga aware sama kondisi sekitar. Ngga disarankan untuk dipakai sambil lari di jalanan yang nyampur sama kendaraan bermotor.

“Wah Yurbuds ada yang warnanya ceria gitu ya?” Nah ini cukup penting nih. Model yang warna-warni (ada pink, biru muda, dan ungu) didesain untuk telinga yang lebih kecil. Asumsinya telinga perempuan. Saya sempat nyoba juga demo unitnya dan ternyata memang kekecilan. Efeknya suara jadi keciiiiil banget karena saya ngga bisa dapat seal yang baik.

Yurbuds juga ada tipe dengan ear hook yang bisa dilepas. Tinggal pilih, kalau perlu lebih secure tinggal pasang ear hooknya. Beberapa tipe dilengkapi dengan magnet yang cukup kuat, jadi kalau lagi dilepas ear unitnya tinggal ditempelin jadi kaya kalung. Ngga riweuh kalo cuma perlu ngelepas sebentar.

Tipe Signature Series ITX-3000 yang saya coba memang ngga dilengkapi magnet. Tapi suaranya paling smooth di antara semua tipe yang ada saat itu. Ear tipsnya paling nyaman di telinga saya dan kabelnya dibungkus bahan kain yang berfungsi sebagai reflektor / scotlite. Jadi kalau suka lari malam bakal menambah visibilitas kita.

Varian paling tinggi yang tersedia adalah Explore dan Venture. Dua-duanya earphone jenis rugged yang memang didesain untuk penggunaan di lingkungan outdoor yang agak ekstrim. Kabelnya dibungkus kain seperti Signature Series tapi di luarnya ditambah lagi bungkus plastik. Ngga tanggung-tanggung ya.


KESIMPULAN IMPRESI

Oke, sekarang masuk ke penilaian subjektif saya. Setelah nyoba demo unit beberapa tipe…

  • Saya lebih suka yang ngga pakai ear hook karena lebih simple dipakainya.
  • Saya lebih suka eartips model corong karena ngga terlalu ngebass.
  • Saya paling suka model Venture karena karakter suaranya paling cocok.
  • Apakah suaranya lebih baik daripada earphone standar hape? Iya.

Apakah suaranya special? Jujur secara kualitas suara saya ngga menemukan sesuatu yang wah banget dari Yurbuds. Meski begitu suaranya ngga malu-maluin, cukup jelas (ngga butek kebanyakan bass), dan bisa mengakomodir selera genre musik yang luas.

Rasa penasaran saya terbayarkan sudah. Thanks to Headfonia Store yang udah ngasih demo. Kalau kalian tertarik, silahkan klik di sini untuk mampir ke webnya Headfonia Store bagian Yurbuds.


 

Photo credit:
- Paling atas: g-ecx.images-amazon.com
- Paling bawah: kulitrunner.wordpress.com

Your comments

