Kok Jadi Sakit di Telapak Kaki / Tumit?

Sudah dua minggu ini saya ngga lari. Padahal meski bulan puasa, kesempatan untuk lari itu ada. Penyebabnya, telapak kaki saya yang sebelah kanan berasa nyeri. Katanya sih sakit yang kaya begini juga mulai banyak yang ngalamin. Tapi apa penyebabnya ya?


 

Kalau baca-baca dari berbagai sumber, rasa nyeri di daerah telapak kaki sampai ke tumit yang berkaitan dengan olah raga lari bisa ada dua kemungkinan : Plantar Fasciitis dan Plantar Fasciosis. Bedanya apa?

—⊕—

PLANTAR FASCIITIS
[Biar gampang saya singkat jadi PFI ya. Singkatan ini saya ngarang sendiri biar ga capek ngetik.]

PFI ini memang paling umum, dalam artian kalo saya ceritain keluhan di telapak kaki ini, kemungkinan besar akan dikasih tau kalo saya kena Plantar Fasciitis. Jadi memang ada cedera yang utamanya di daerah tumit tapi bisa sampai ke telapak kaki akibat dari over training. Ya emang sih, saya lagi semangat banget latihannya. Bisa jadi fisik saya sebetulnya belum siap buat level latihan yang saya coba jalanin.

Karena PFI ini punya imbuhan ‘-itis’, biasa korelasinya sama peradangan. Kalo udah peradangan, biasanya disuruh kompres pakai es untuk meredakan. Disaranin juga untuk libur lari sampai pulih. Olahraganya bisa diganti dulu dengan yang low impact, kaya berenang atau sepedahan.

PFI ini bisa juga karena ada otot yang tegang di jaringan yang nyambung. Otot mana aja tuh? Antara lain achilles tendon, calf (betis), dan hamstring. Jadi kalau mau pijat sendiri, lebih aman pijat otot-otot di atas. Jangan pijat telapak atau tumitnya kalau ngga punya basic kedokteran olah raga atau fisioterapi yang bener.

Buat mempercepat pemulihan PFI, bisa dibantu dengan gerakan-gerakan stretching yang fokus ke telapak kaki dan ke betis. Terus ada juga pemijatan ringan pakai bola tenis atau bola golf. Contohnya ada di video di bawah ini.

—⊕—

PLANTAR FASCIOSIS
[Yang ini saya singkat jadi PFO, singkatan yang juga ngarang sendiri.]

Istilah Plantar Fasciosis termasuk baru buat saya. Nyerinya di daerah yang sama kaya PFI, tapi beda kasus. Penyebab PFO adalah terhambatnya asupan darah ke area di kaki sehingga menyebabkan adanya jaringan yang mati (dead tissue). Wuidih.. mulai serem nih bahasanya. Tapi kenapa terhambat? Ada yang kejepit gitu? Kurang lebih begitu.

Yang lucu adalah darah ke kaki jadi terhambat gara-gara salah sepatu! Desain sepatu tertentu bisa jadi ngga cocok dengan kaki kita. Sepatu-sepatu ini menekan jempol kaki ke arah dalam (arah telunjuk kaki), terus ujung kakinya agak ngangkat ke atas ngikutin bentuk ujung sepatu. Posisi kaya begini bikin otot di kaki jadi ketarik ke depan.

Biar lebih jelas ngeliat otot mana yang ketarik ke depan, silahkan nonton video ini.

Nah untuk kasus PFO, justru kita butuh panas untuk ngebantu aliran darah lancar lagi ke area yang nyeri. Bisa rendam di air hangat atau pakai botol air panas yang untuk kompres. Tapi es juga tetap masih bisa dipakai untuk ngurangin rasa nyeri.

Penanganan kasus PFO pada dasarnya adalah ngembaliin postur telapak kaki kita ke bentuk alami. Tapi karena sehari-hari kita ‘terpaksa’ pakai sepatu, apalagi buat lari, jadi ngga ada salahnya untuk kita periksa lagi kecocokan kaki kita dengan sepatu yang kita punya.

—⊕—

Saya harap artikel ini bisa jadi bahan pengetahuan dasar tentang rasa nyeri di area telapak kaki sampai ke tumit yang mungkin terjadi akibat lari. Untuk penanganan yang lebih pasti, saya tetap sarankan untuk datang dan berkonsultasi dengan klinik kedokteran kesehatan (sports medicine) atau ke podiatris. Karena mereka memang ahlinya.


Kalau artikel ini bermanfaat buat Anda, boleh dong saya dibantu sedikit. Cukup dengan cara ngeshare artikel ini ke sosial media milik Anda.

Iklan

5 tanggapan untuk “Kok Jadi Sakit di Telapak Kaki / Tumit?

    1. cara cek cuma dari kondisi yang dirasakan aja.

      kalau sudah terasa nyeri dan lokasinya di area telapak kaki dan tumit, kemungkinan besar plantar fasciitis (bahasa indonesia: fasciitis plantaria).

      tapi kalau hanya di area tumit dan seperti tertusuk jarum di satu titik, bisa jadi heel spur.

        1. harus dicek ke dokter spesialis sport atau fisioterapi khusus sport sih supaya pasti. tapi saya penganut kepercayaan bahwa cedera itu lebih sering disebabkan otot yg lemah. jadi harus ada penguatan otot dan stretching untuk fleksibilitas (sesi tersendiri, beda dgn stretching pemanasan/pendinginan).

          untuk penanganan awal keluhan mas Bondan, ketika terasa nyeri telapak kakinya coba diroll pakai kaleng minuman ringan yg dingin. biasanya teman2 saya menyarankan kaleng bear brand yg putih. kurang lebih 15-20 menit. setelahnya coba lakukan stretching yg fokus ke otot betis dan otot hamstring. contoh gerakannya bisa coba cari di youtube.

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s