Race Review: Capital Market Run 2015

Hari Minggu kemarin, saya kembali ikutan lomba lari setelah lama ngga daftar lomba apa pun. Ini race 10K pertama yang bisa saya selesaikan dengan 99% berlari. Begini ceritanya…


WHY DID I SIGN UP

Sejujurnya event Capital Market Run 2015 ini ngga begitu menarik buat saya pada awalnya. Ada dua hal yang jadi alasannya. Pertama, rute CFD yang kebetulan saya lagi bosan. Kedua, design jerseynya biasa banget menurut selera saya. Terus kenapa akhirnya bisa ikutan?

Rutenya. Pas saya pelajari, saya pikir, “Wah penasaran juga nih rutenya muter ke dalam area SCBD sama sekitaran Alpus”. Setelah mikir sambil menimbang-nimbang, akhirnya saya daftar yang kategori 10K. Fisik sih pede cuma 5K sebetulnya, tapi saya kepingin nyoba ngepush lebih dari itu.

—⊕—

THE RACE PACK

Pengambilan race pack di Kuningan City. Sepi. Tapi yang ngelayanin kategori 10K cuma satu orang dan jadinya lumayan makan waktu. Antriannya sih pendek, tapi yang bikin lama karena ada orang yang ngambil race pack buat beberapa peserta. Pengalaman saya ngambil race pack untuk race-race sebelumnya jauh lebih cepat. Coba petugasnya ditambah…

Isi race packnya minimalis. Swag cuma tasnya aja, mirip EU5K tapi bahannya lebih tahan air dan ukurannya sedikit lebih besar. Ngga masalah buat saya. Bahan jersey dri-fit mirip JI10K punya, cuma lebih halus dikit. Ada brosur berisi informasi lomba. Ternyata ada swag tambahan berupa mug untuk peserta-peserta dengan kualifikasi tertentu. Oke lah.

—⊕—

RACE DAY

Di area event ada beberapa food truck, stand penitipan barang lumayan gede, panggung ukuran kecil. Gate start dikasih pagar supaya peserta bisa konsen tanpa terganggu orang lalu lalang. Nice.

Ternyata sepanjang rute pun dipasangin cone supaya peserta bisa diarahkan dengan baik. Saya perhatiin di semua titik krusial selalu ada marshal. Mereka cukup aktif ngasih arahan dan semangat. Skill persuasi mereka juga bagus banget terutama ketika harus menghalangi kendaraan supaya bisa memprioritaskan peserta lomba.

Kekurangan yang saya rasakan adalah banyak persilangan rute pelari dengan rute kendaraan bermotor. Jadinya suka bikin bingung, harus di lajur mana kita berlari. Beberapa kali saya ngedumel, “lah tadi disuruh kanan.. sekarang disuruh kiri.. tau gitu dari tadi di kiri aja terus, kan bisa ngga silangan sama jalur motor”.

Water stationnya lumayan mewah. Di awal ada Pocari Sweat, di belakang ada air mineral. Tempat sampahnya juga banyak berjejer ke belakang. Relatif bersih dari sampah. Kalau tumpahan air minum mah ya udah lah ya. Officials yang stand by di setiap water station bisa dibilang banyak banget. Dan mereka selalu ready pegang dua gelas hidrasi. Artinya ada yang stand by juga untuk nyiapin dan ngisi gelasnya. Mantap!

—⊕—

MAIN COURSE

Dan yang paling penting adalah hal yang bikin saya akhirnya mendaftar race ini, yaitu RUTE. Kaya di bawah ini nih rutenya (kalo gambar petanya belum dihapus panitia). Keliatan gampang, tapi nanti saya ceritain juga biar agak berasa.

Start dari depan gedung Panin langsung menuju Jembatan Semanggi. Naik jembatan untuk berputar balik, tapi setelah turun langsung belok masuk area SCBD. Lalu belok ke kiri arah jalan tembus sebelum Komdak dan putar balik di ujung. Belok kiri di JakTV dan belok kanan / putar balik ke arah Pacific Place, lalu kembali masuk Sudirman.

Di ujung, seberangnya Ratu Plaza, peserta 10K dibelokkan ke kiri ke jalan yang mengarah ke daerah CSW. Di tengah jalan, kami dibelokkan lagi ke kiri, muterin area pemukiman elit para petinggi polisi. Untung banyak pohon, jadi adem. Keluarnya ternyata balik lagi ke jalan semula. Lalu berputar di depan kantor Dinas PU dan memutar ke area belakang Al Azhar Pusat.

Lanjut lurus ke jalan yang mengarah kembali ke Bundaran Senayan, tapi dibelokin lagi dong ke kiri. Muter-muter ini mulai bikin saya kesal. Kaya ngga nyampe-nyampe. Hahaha! Ternyata kami diajak memutar Taman Mataram. Setelahnya baru deh kami dikembalikan ke jalan yang benar, menuju Patung Pemuda Membangun, dan akhirnya finish di gate Panin.

Fiuh… Gimana? Berasa ngga?


RACE REVIEW

Secara keseluruhan, menurut saya Capital Market Run 2015 ini termasuk sangat rapi. Tapi seperti biasa, saya kasih nilai dalam bentuk poin-poin hal yang saya suka dan yang saya ngga suka.

Suka:

  • Rute baru
  • Rute tertata rapi
  • Marshal yang banyak dan aktif
  • Water station melimpah
  • Tertib dari awal hingga akhir event

Ngga suka:

  • Daftarnya mahal, dapetnya cuma segitu
  • Design medali biasa aja

RACE RESULT

Hasil tracking di hape ngaco di kilometer pertama. Orang pelan banget ngantri keluar gate, masa dibilangnya pace 3 min/km. Pace 3 dari hongkong… Makanya nanti saya update di sini setelah hasil officialnya keluar aja.

[Update] Hasil resmi baru keluar hari ini (28 Aug 2015) dengan Nett Time 01:16:59 dan Gun Time 01:17:31. Ternyata masih jauh dari harapan saya. Next time harus bisa lebih baik.

Terima kasih kepada Panin Bank, para sponsor, dan Mesa Race sebagai panitia. Good job!

One thought on “Race Review: Capital Market Run 2015

Your comments

