Berlatih Lari Sendirian

Banyak teman lari saya gabung dengan training team atau pakai jasa pelatih lari dengan berbagai tujuan. Yang pasti, berkat latihan kemampuan lari mereka jadi meningkat. Terus kenapa saya malah nulis latihan sendirian? Lho? Kenapa ngga?


Suka lari, pingin kemampuan berkembang, tapi ngga yakin bisa komitmen sama jadwal latihan bareng team atau pun bayar pelatih. Itulah saya, dan mungkin juga Anda. Sebetulnya ngga masalah. Di jaman internet begini, banyak banget cara untuk bisa punya program latihan sendiri. Terutama yang bisa fleksibel ngikutin jadwal sibuk kita.

Saya lebih suka kalau program latihannya bisa ada di hape dan gratis. Ya kalo gak gratis mah mending join team atau bayar pelatih dong. Ketauan bisa interaksi langsung dan bisa konsultasi kalo ada hambatan. Pilihannya ada aplikasi Nike+ Running dan aplikasi My Asics. Akhirnya saya coba My Asics karena Nike+ kan udah pernah diulas di sini.

Pertama saya isi data diri saya di aplikasi My Asics, terus saya isi target saya. Waktu itu targetnya adalah pecah telor virgin Half Marathon, lari biasa aja alias non-race. Lalu saya dikasih jadwalnya yang bisa saya geser-geser untuk nyesuaiin kapan mau mulai. Dan asiknya, di aplikasi ini hari latihan mana pun bisa saya geser-geser tergantung kapan saya bisanya. Nanti targetnya pun ikut menyesuaikan. Mantap!

Gambar via lipsticklettucelycra.co.uk

My Asics ngebagi latihan saya menjadi beberapa segmen. Masing-masing segmen ini bertujuan supaya badan ngga kaget dan nantinya benar-benar siap untuk menempuh jarak yang kita mau dalam waktu yang dijadiin target. Kalo belum punya target waktu, nanti si aplikasi yang ngasih targetnya.

Pre-Conditioning yang isinya kebanyakan cuma jogging dengan pace pelan. Tantangannya adalah untuk disiplin ngikutin target pace sekaligus ngebiasain sama bosannya lari yang seperti ngga selesai-selesai. Terus terang susah banget joging di pace 8.30/km ketika udah biasa 7.30/km. Sering bablas.

Untungnya app My Asics ini bisa adaptasi sama hasil lari kita. Jadi si aplikasi suka ngasih keterangan supaya kita ngga terpaku sama angka pace-nya, yang lebih penting adalah ngejaga pace yang konstan selama jarak atau durasi yang diminta. Selain pace, kita juga bisa ngikutin arahan run by feel dari si aplikasi. Misalnya easy jog, comfortable, fast, dan sebagainya.

Gambar via asicsindia.in

Kurang lebih seperti itu gambaran umum latihan sendiri pakai aplikasi My Asics ini. Selesai satu segmen, lanjut segmen berikutnya. Tinggal ikutin aja instruksinya. Jadi kaya minum obat dan saya pasiennya. Efeknya jadi merasa punya hutang sama diri sendiri ketika jatuh harinya untuk latihan.

Apakah berat? Pastinya! Apalagi di awal saya ngerasa beban banget karena ngga mau di bawah target. Tapi lama-lama capek juga. Soalnya ngga setiap hari kondisi badan saya 100%. Akhirnya saya putuskan untuk latihan sedapatnya, semampunya. Udah. Ngga usah ngoyo. Toh bukan atlet dan ngga mungkin podium juga kecuali dapat mukjizat.

Gambar via aqworks.com

Hasil dari mencoba disiplin dengan program latihan ini adalah secara stamina dan kemampuan long run jadi ada peningkatan. Belum juga setengah jalan, udah bisa jalan-jalan keliling Bogor. Emang latihan tuh hasilnya ngga bohong deh.

Tapi saya ngga sampai selesai ngejalanin training plan ini. Soalnya keburu daftar Half Marathon di Jakarta Marathon 2015, mumpung gratis pake Mandiri Fiesta Poin. Meski target ngga terpenuhi, pinginnya 2:30:00 tapi finishnya 2:48:xx. Ya lumayan lah buat HM perdana. Woohoo!

 

2 thoughts on “Berlatih Lari Sendirian

  1. Selisih ga sampe 20 menit dr target. Good job :) Aku awal tahun udah install aplikasi spt yg Mas pernah sarankan disini…. Eh keburu pindah rumah trs hamil. Next year moga2 udah bs mulai training untuk 5K. Tujuan jangka pendeknya sih benernya cm sekedar agar badan lbh kuat aja, napas gak tersengal2. Bonus turun berat badan juga boleh lah, hehhee. Keep on writing ya Mas. Inspiratif!

Your comments

