Xiao Mi In-Ear Headphone Basic

Nggak nyangka bisa dapat earphone Xiaomi gratisan dari goodie bag event Ngusik Erajaya. Pas bener, sudah lama saya nggak bikin review audiphile.


Namanya juga pengisi goodie bag, biasanya bukan barang-barang yang mahal. Tapi saya juga pernah baca satu artikel yang penulisnya sangat memuji earphone Xiaomi Piston sebagai best earphone dengan harga terjangkau. Well… yang saya dapet ini nggak ada tulisan Piston sih. Adanya tulisan Basic. Ekspektasi langsung agak drop. Hehehe.

Kemasan earphone ini termasuk sederhana tapi sangat rapi dan nggak murahan. Kotaknya tersegel rapat dan di sisi belakangnya ada perforasi. Jadi untuk membuka tinggal sobek perforasinya.

Tulisan di sisi kotaknya menjelaskan bahwa earphone ini dibuat oleh perusahaan bernama 1More untuk Xiaomi. Dari websitenya bisa diketahui bahwa si 1More ini punya banyak varian headphone, termasuk tipe Piston. Jangan-jangan ini Piston yang sama dengan yang saya baca artikelnya.

Di dalam kotak cuma ada unit earphone, ear tips ekstra (biasanya ukuran S dan L), sama kertas panduan apaan tau. Tulisannya bahasa China semua yang saya nggak ngerti sama sekali.

Earphone ini menggunakan ear tips silicone yang cukup lembut. Housingnya pake bahan metal, entah stainless steel atau apaan. Yang pasti feeling di telinga itu dingin. Cocok dipake dengar musik berlama-lama. Kabelnya model flat. Masih gampang kusut sih, tapi ngebongkarnya lagi cukup gampang.

Sudah dilengkapi dengan microphone dan ada remote satu tombol, tapi nggak ada pengatur volume. Kalau tombol dipencet, otomatis ngebuka Music Player di hape, selain untuk terima dan memutus telepon.

–⊕–

Oke, sekarang kita lanjut ke suaranya. Singkat cerita: I like it!

Yang bikin saya suka adalah karakternya yang lebih ke arah warm (gue banget!) tapi nggak mellow. Dari pengetesan berbagai lagu, earphone ini termasuk versatile alias bisa ke mana-mana.

Diajak dengerin jazz yang slow di album Best of Groove Note suaranya enak. Naikin tempo ke Good Vibes at The Pawn Shop surprisingly bisa ngikut fun. Tes lagu Video-nya India Arie sama lagu Could You Be Loved-nya Bob Marley, badan ikut goyang-goyang. Tes lagu akustiknya No Doubt yang berjudul One More Summer, saya kaget, tau-tau ada suara backing vokalnya. Biasanya nggak kedengaran. Tes dengar podcast (talk show) juga enak banget karena suara pembicaranya jadi sangat jelas.

Kita kembali ke karakter earphone ini. Detail instrumen nggak jelek, tapi nggak spektakuler. Bassnya cukup oke meski nggak sampe getar ke dada. High kurang ngecring, tapi kayanya jarang ya karakter warm punya high ngecring. Komposisi mid rasanya pas, nggak ketahan dan belum pernah ketemu sibilance. Sound stage agak kurang lega sih dan ngga berasa 3D kecuali pas memang ada rekaman suasana ruangan.

Buat ukuran earphone dengan embel-embel nama Basic, soundnya nggak malu-maluin lho. Boleh banget dijadiin pertimbangan kalau Anda lagi nyari earphone untuk sehari-hari.

Kekurangannya yang paling saya ngeh ada tiga. Pertama, kalau kabel di percabangan agak ketekuk suaranya suka kresek-kresek. Kedua, kabelnya lumayan microphonic. Jadi kalau kebentur-bentur badan atau kegesek baju lumayan kedengaran ke kuping. Ketiga, khas in-ear monitor yaitu budeg. Dipanggil nggak ngeh, dipakai lari bahaya, apalagi buat nemenin nyetir mobil / motor mending jangan deh.

–⊕–

Penilaian akhir: RECOMMENDED! Dibawa santai asik, diajak joget seru.

Iklan

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s