Sedih. adidas MiCoach tutup.

header_ripadimicoach

Kabar duka di awal minggu ini. Saya dikasih tau pertama kali sama teman lari via Whatsapp. Rasanya kaget campur sedih, karena saya suka app Train & Run dari adidas. Menurut saya, app Train & Run adalah aplikasi terbaik untuk mereka yang butuh program latihan tapi tidak/belum siap berinvestasi menggunakan jasa seorang coach. Lalu bagaimana nasib penggunanya?

Menurut FAQ di websitenya,

Why are you stopping development of the miCoach platform and associated apps?

adidas recently acquired the digital health & fitness platform, Runtastic. Since then we have been hard at work consolidating our digital products. To this end, Runtastic apps are best positioned to provide you the premium running and training experiences you expect from adidas.

Setelah membacanya, saya kecewa sama adidas. Menurut saya mereka sudah nggak tahu lagi harus bagaimana memasarkan app bagus ini. Jadinya mereka memilih beli (bahasa halusnya “berinvestasi”) pada platform yang sudah jadi; meniru Under Armour yang membeli Endomondo & Map My Run.

Yang menjadikan Train & Run sebuah app yang unik adalah sistem coaching dengan sistem zona. Mereka hanya perlu memasarkan itu lebih gencar lagi dan memberi fasilitas mudah untuk mensinkronisasi secara nirkabel ke jam GPS dari merek-merek mainstream (Garmin, Suunto, Polar). Terakhir cukup berikan fitur ekspor dan impor data untuk orang-orang yang ingin eksis di semua platform.

Sekarang semua app sejenis sudah pakai sistem komentar supaya bisa ngobrol, bisa posting foto, bisa mengumpulkan “likes“, bisa share ke media sosial. So what?

Di sisi lain, dengan ditugaskannya Runtastic sebagai platform jejaring sosial sport adidas, artinya bisa jadi adidas akan mendorong penjualan gadget olahraga dari Runtastic (termasuk jam GPS). Artinya, adidas tidak perlu keluar R&D dan budget lagi untuk memproduksi gadget seri miCoach.

Bagi para pengguna lama seperti saya, adidas menawarkan kompensasi untuk bermigrasi ke Runtastic berupa membership premium. Saya jadi punya akses ke berbagai fitur berbayar seperti training plan, yang sebelumnya bisa saya dapatkan secara gratis. Oh, dan membership premiumnya? Hanya 365 hari. Great! 

Kalau saya kesampingkan sebentar rasa pesimistis ini, sebetulnya di Runtastic ada juga fitur Real Voice Coach (yang nanti akan saya coba). Kalau ternyata fitur ini sama dengan sistem zona yang sudah familiar di Train & Run, maka saya akan beri rekomendasi yang tinggi untuk beralih / bergabung di Runtastic. Kalau ternyata nggak sama, saya uninstall dan cukup sekian.

RIP. adidas miCoach Train & Run app. 13 Feb 2017. You will be missed.


P.S.: Sementara ini, kita semua yang sudah punya akun miCoach masih bisa menikmati masa-masa akhir dari app Train & Run hingga 31 Desember 2018.
Your comments

