Impresi Hydration Naturehike DuoGi

header_naturehike-duogi

Beberapa waktu ke belakang, salah satu forum jual beli diramaikan dengan hadirnya hydration pack / running vest murah meriah (dibanding merek papan atas). Salah satu yang baru masuk ke Indonesia adalah Naturehike DuoGi. Seperti apa sih produknya?

–⊕–

Sedikit Intro

Naturehike ini merek asal China. Dia lebih banyak bermain di produk-produk untuk naik gunung. Berdasarkan tanya-tanya ke teman yang senang kegiatan outdoor, menurut dia Naturehike ini nggak bagus-bagus amat tapi juga nggak jelek. Seringkali penggunanya adalah orang-orang yang ingin naik kelas dari merek entry level seperti Consina.

Ketika saya pertama melihat Naturehike DuoGi ini diiklankan di forum jual beli, gambar-gambar penjelasan produknya cukup menjawab kebutuhan saya pada sebuah running pack. Bisa bawa dua botol di depan, bisa juga disimpan di belakang pinggang. Di sampingnya juga ada kantong dengan seleting. Harganya juga cocok untuk pemula yang baru mau mencoba lari trel. Akhirnya saya memberanikan diri untuk pesan satu unit.

–⊕–

Bahan dan Ukuran

Pertama saya pegang di tangan, DuoGi ini bentuknya berupa vest tanpa tali pengatur tingkat kekencangan di bagian samping. Tapi ia dilengkapi pengatur tingkat kekencangan di kedua bahu. Ukurannya ternyata lebih besar dari yang saya perkirakan. Bahan luarnya semacam ripstop yang sepertinya cukup tahan air.

Bahan sisi yang menempel ke badan berupa webbing warna hitam yang agak kaku dan kalau diraba tidak se-smooth produk merek Amerika / Eropa. Bahannya tidak ada yang stretch, kecuali di beberapa bagian, seperti kantong botol air. Tapi itu pun hanya stretch secara vertikal dan tidak ke arah horizontal.

Secara jahitan unitnya cukup rapi untuk sebuah produk kelas murah seperti ini. Kepala seletingnya kecil, agak mengkhawatirkan sebetulnya tapi pergerakannya cukup lancar. DuoGi ini sudah dilengkapi dengan pengait selang untuk water bladder di kedua sisi.

Di bagian dada ada sternum untuk menyambungkan kedua sisi vest. Sternum ini bisa digeser ke atas dan ke bawah untuk mendapatkan posisi yang pas. Sayangnya unit yang bergeser ini terlalu longgar jadi mudah untuk bergeser sendiri. Lalu ada salah satu ujung sternum-nya yang malah dijahit dan menjadikan pengaturan posisi jadi tidak bisa sesuai yang saya inginkan (lihat box kanan bawah pada foto-foto di atas).

Awalnya saya agak kecewa terutama karena ukurannya tidak betul-betul pas. Di bagian bahu yang kanan, bahannya seperti lebih panjang daripada yang kiri. Efeknya jadi terlihat berkerut dan terasa longgar sebelah. Akhirnya saya terima saja kekurangan ini karena DuoGi ini masih lebih baik daripada running vest salah satu merek lokal yang pernah saya coba.

Setelah mencoba beberapa fitting, akhirnya saya menemukan yang paling pas di badan dan saya tidak ubah-ubah lagi. Sebagai orang yang semi OCD, saya akui memang menyebalkan saat menemukan setelan yang pas tapi tidak simetris. Hahaha!

–⊕–

Kapasitas Bawaan

Di bagian belakang, kompartemen utama diakses melalui seleting atas. Di dalamnya ada partisi, sehingga satu sisi bisa untuk water bladder dan satu sisi lagi bisa untuk membawa benda-benda penting (seperti dompet, KTP, kartu ATM) atau perlengkapan lainnya yang urgensinya tidak terlalu tinggi. Pada foto di atas (kanan atas) saya ilustrasikan dengan memasukkan sebuah jaket motor harian yang sedikit agak tebal.

Lalu ada seleting vertikal untuk mengakses kantong yang lebih flat / kapasitas lebih kecil. Saya kemungkinan akan menyimpan topi atau perlengkapan lain yang tidak terlalu tebal, namun butuh akses cepat untuk kantong ini. Pada foto di atas (kiri bawah) saya ilustrasikan dengan memasukkan sebuah topi trucker dan sebuah kaos lari. Mungkin juga saya akan taruh sebagian stok makanan di kantong ini.

Kemudian di samping belakang pinggang, DuoGi punya dua kantong yang mereka ilustrasikan untuk membawa botol air. Ketika saya coba dengan botol air mineral 300ml, ternyata nggak mudah untuk akses keluar masuk botol. Jadi kemungkinan kedua kantong ini akan saya gunakan untuk menyimpan jas hujan tipis dan sisi lainnya untuk menyimpan sampah makanan.

DuoGi juga punya beberapa titik tali elastis untuk mengikatkan trekking pole. Dari posisinya, saya membayangkan Anda bisa mengikatkan secara vertikal di kedua sisi belakang. Atau untuk trekking pole  yang bisa dilipat, Anda bisa ikatkan secara horizontal di bagian bawah di belakang.

–⊕–

Ilustrasi Penggunaan

Di atas adalah 4 buah foto untuk memberi ilustrasi perlengkapan apa saja yang bisa dibawa dan bagaimana mengaksesnya. Lalu pada foto terakhir (kanan bawah) adalah kondisi pack setelah saya isi dengan 1 kaos lari, 1 jaket motor, dan topi trucker. Pada saat itu, sternum di bagian dada saya sudah mulai berasa ketat tapi saya masih bisa bernafas dengan mudah. Sebetulnya bisa dilonggarkan, tapi saya masih belum mau mengubah-ubah setelan yang sudah saya set ini. Mudah-mudahan Anda bisa mendapat bayangan seberapa banyak barang yang bisa Anda bawa.

–⊕–

Itulah impresi awal saya untuk running vest Naturehike DuoGi. Nanti setelah saya gunakan beberapa kali, saya akan tulis review-nya dari sisi user experience.

Update 03 Mei 2017:
Ternyata hydration pack ini kembarannya Dynafit Enduro 12.

Your comments

