Update MAF: Long Run Pagi Ini

header_mafupdate

Selama menjalankan program latihan 50K, metode MAF hanya saya jalankan mungkin sekitar 70% – 80% dari program. Tapi saat peak long run tadi pagi, saya merasakan perbedaan yang menurut saya hasil dari MAF.

Sekilas Long Run Hari Ini

Jadwal program meminta saya memenuhi volume 41.8 km hari ini. Dan memang saya hanya berhasil memenuhi 32.3 km di area CFD Sudirman dan lanjut 4 km di trek atletik Velodrome. Total 36.3 km.

Link Strava untuk long run di CFD tadi pagi

Cuaca panas menjadi faktor utama saya tidak berhasil memenuhi target. Jika saya berlari di area yang teduh, secara feel saya yakin bisa melanjutkan lari. Namun sebagian besar rute loop saya melewati area yang tidak ada peneduh. Alhasil postur badan pun mulai kolaps dan sulit bagi saya untuk menjaga tetap tegak.

Saya putuskan untuk stop lari, melakukan pendinginan, lalu segera isi perut dengan karbohidrat dan sedikit protein. Setelahnya saya memutuskan untuk melanjutkan sesi hari ini di Velodrome. Namun baru juga 2 km, paha kiri belakang mulai diserang keram. Setelah berusaha meredakan keram tersebut, saya lanjut lari lagi. Tapi kali ini cuaca panasnya lebih berasa pengap. Awan terlihat mendung, tapi tak kunjung hujan. Keram pun mulai terasa lagi dan saya putuskan untuk menyudahi lari hari ini.

Link Strava untuk lanjutan di Velodrome


Evaluasi

Biasanya saya mulai merasa lelah dan mulai sulit berlari setelah melewati 16 km. Lain halnya dengan tadi pagi. Secara aerobik saya masih sanggup berlari. Average heart rate saya ada di 146 bpm  dengan maximum heart rate hanya di 166 bpm, itu pun terjadinya di kilometer 21 – 22. Rasanya saya bisa mempertahankan lari saya terus tanpa perlu berhenti jika panasnya tidak seperti tadi pagi.

Saya yakin ini adalah manfaat dari berlatih secara MAF. Sebab kondisi saya sebelum long run adalah kurang carbo-loading dan tidur hanya 3½ jam. Saya terbantu pengkondisian hidrasi yang cukup selama seminggu serta 1 buah kurma per 5 km.

Tak tercapainya target hari ini, selain karena panas, juga ada faktor minimnya saya melakukan cross training selama menjalankan program latihan ini. Mungkin hanya 5% porsi yang sudah saya lakukan. Jelas sangat kurang. Akibatnya otot jadi tidak sekuat yang saya inginkan dan akhirnya terserang keram.

–⊕–

Saya merasa sepertinya MAF ini cocok untuk yang tertarik berlari di kelas marathon hingga ultra marthon, di mana pelari juga dituntut untuk ekstra sabar menjalani lomba hingga finish.

Apakah Anda juga berlatih secara MAF? Berhasilkah latihan MAF Anda? Share ceritanya di kolom komentar ya.

Satu tanggapan untuk “Update MAF: Long Run Pagi Ini

Your comments

