26 Detik Itu Seberapa Jauh Ya?

breaking2-live-stream-fixed1.jpg

Di dunia lelarian, hari Sabtu kemarin diramaikan dengan #Breaking2. Team Nike mencoba menembus rekor berlari jarak marathon di bawah 2 jam, namun sayangnya belum berhasil. Tapi bukan itu yang mau saya bahas.

Meskipun belum berhasil, catatan waktunya benar-benar impresif. Keterangan resmi di website Nike menyebutkan waktu 2:00:25 atau hanya kurang 26 detik untuk tercatat sebagai marathon sub 2 jam.

Yang membuat saya penasaran adalah seberapa jauh sih 26 detik itu untuk ukuran Eliud Kipchoge, si pelari terdepan? Lalu saya mengambil kertas dan penail untuk corat-coret hitungannya.

dscf3421

Dari data yang ada, perhitungan catatan waktu 2:00:25 untuk jarak full marathon akan menghasilkan laju rerata (average pace) sekitar 2:51/km. Persamaannya adalah 171 detik per 1000 meter. Jadi setiap detiknya Kipchoge bergerak sejauh 5.84 meter.

Faktanya, Kipchoge meleset sekitar 26 detik untuk berhasil menembus waktu di bawah 2 jam. Dengan kata lain, sub 2 terpaut hanya 151.84 meter di depannya. Kalau di trek lari, cuma kurang sepengkolan doang. Ck ck ck…

Sedramatis itulah #Breaking2 kemarin.

Iklan

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s