Satu Minggu Menuju KRB200

header_krbupdate.jpg

Event lari KRB200 tanggal 20 Mei nanti adalah milestone pertama bagi saya saya dalam mencoba jarak 50 kilometer; ultra marathon kelas pemula. Saya belum pernah lari di lingkungan KRB, tapi saya mencoba “meraba” rutenya melalui layanan online. Hasilnya? Cukup bikin saya nggak pede.


Informasi Resmi

Berdasarkan informasi di situs resmi KRB200, rute 50K yang akan saya ikuti adalah mengelilingi bagian dalam Kebun Raya Bogor sejauh 5 km. Peta rute resminya saya salin di bawah ini.

map-course-50k

Anda dapat lihat bahwa informasinya cukup baik tapi hampir lengkap. Yang kurang adalah informasi elevasi, di mana akhir-akhir ini menjadi hal yang penting bagi saya. Selain untuk mengatur strategi pacing, juga dapat mengurangi rasa kesal di tengah jalan akibat tidak siapnya mental saat menghadapi rute yang tidak familiar.

Hasil Pemetaan Kasar

Saya memanfaatkan layanan pemetaan rute dari situs Plot-a-route untuk memperoleh informasi tersebut. Langkah pertama yang saya lakukan adalah membuat ulang rute lari berdasarkan informasi resmi. Hasilnya, saya peroleh gambar rute dibawah ini yang hanya beda sedikit sekali dari gambar peta rute resmi.

map-uphill-and-downhill

Layanan Plot-a-route memungkinkan saya untuk memperoleh gambaran mengenai elevasi rute yang akan saya jalani. Pada gambar di atas, uphill ditandai dengan warna merah, downhill ditandai dengan warna hijau, dan relatif datar ditandai dengan warna abu-abu. Namun warna saja tidak cukup. Saya butuh tahu angka elevasinya untuk memperkirakan seberapa besar usaha ekstra yang harus saya keluarkan.

elevation-data

Gambar di atas adalah data informasi elevasi yang lebih detil. Saya tidak yakin 100% tepat, tapi setidaknya sudah ada sedikit gambaran. Melihat datanya, memang relatif tidak ada apa-apanya dibanding MBM 2016. Tapi saya membayangkan harus mengulangi eleveasi-elevasi tersebut 10 kali. Hiiiyyy… Nggak pede.

–⊕–

Jika artikel ini dirasa berguna bagi Anda, mohon kesediaannya untuk membagikan artikel ini ke sosmed Anda. Terima kasih.

2 tanggapan untuk “Satu Minggu Menuju KRB200

Your comments

