Pensiun: adidas Supernova Glide Boost 8

adidas-sgb8-pensiun-gorboman

adidas Supernova Glide Boost 8 sudah menemani saya berlari (dan berjalan) setidaknya sejauh 700 km. Akhirnya ia pun pensiun, tapi bukan karena mileage-nya. Begini ceritanya.

Sedikit kilas balik, sepatu lari saya sebelum memiliki SGB8 ini ternyata ukurannya kurang pas, sehingga tidak bisa mengakomodir kaki yang memuai akibat long run. Ketika itu saya sedang latihan persiapan Bali Marathon dan sepatu yang minim keluhan otomatis menjadi prioritas. Berbekal membaca berbagai review positif, akhirnya saya beli SGB8 dengan pertimbangan yang lebih matang.

Pertama kali saya berlari bersama SGB8 tercatat di Strava tanggal 28 Juli 2016 (https://www.strava.com/activities/656397249). Saya ingat betapa kagetnya saat merasa boost yang membuat setiap langkah seperti memantul dan mendorong saya untuk bergerak maju lebih cepat. Tapi saya juga ingat harus beradaptasi lagi dengan plastik Torsion System yang selalu membuat panas telapak kaki saya. Satu hal yang pasti, tidak ada keluhan dengan ukuran sepatu ini (28 cm).

SGB8 telah menemani saya menempuh 2 race besar : Maybank Bali Marathon 2016 dan Kebun Raya Bogor 200 jarak 50K. Hingga saya menuliskan artikel ini, saya merasa sepatu ini masih empuk dan belum ada tanda-tanda Boost-nya mengeras. Bagian upper-nya minim tanda-tanda keausan, beda dengan Energy Boost lama saya yang saat dipensiunkan tampilan upper-nya lebih kasihan. Keausan di outsole buatan Continental pun terhitung sedikit untuk sepatu lari dengan mileage sejauh ini.

Intinya saya puas dengan performa dan durabilitas dari adidas Supernova Glide Boost 8. Yang membuatnya pensiun adalah kesalahan saya sendiri dalam hal perawatan. Saya mencoba mencuci sepatu ini sendiri, tapi cara mengeringkannya mungkin terlalu lama untuk SGB8. Sehingga outsole bagian depan mulai terbuka. Saya coba perbaiki sendiri tapi efeknya ternyata tidak tahan lama. Jika tidak terjadi kesalahan ini, saya yakin SGB8 bisa bertahan hingga 1.000 km tanpa keluhan.

Apakah saya merekomendasikan sepatu ini jika Anda membelinya sekarang? Tentu saja, tapi hanya jika usia sepatunya dalam box (belum pernah digunakan) tidak lebih dari 5 tahun. Sepatu ini mungkin masih akan saya gunakan sesekali, sampai benar-benar tidak layak digunakan lagi.

adidas-sgb8-pensiun-gorboman-01-editadidas-sgb8-pensiun-gorboman-04-editadidas-sgb8-pensiun-gorboman-06-editadidas-sgb8-pensiun-gorboman-08-edit

 

Your comments

