Tora Tora Tahura

Konon kata Tora adalah singkatan dari kalimat “TO tsugeki RA igeki” yang artinya lightning attack. Saya mah iya iya aja 😂

Dua hari yg lalu, saya dapat telepon dari panitia Indorunners Runiversity (RUNI) yang intinya wawancara seputar pendaftaran saya bergabung ke training team RUNI Trail Blazers untuk persiapan event Trail Run Tahura di bulan Januari 2018. Besoknya (which is kemarin) saya dapat kabar bahwa saya diterima masuk ke program.

So, pulang kantor saya langsung ke GOR Sumantri untuk hadir di kick off program ini. Ternyata peserta yg diterima tidak sebanyak program RUNI untuk persiapan road marathon. Entah apa sebabnya, tapi biasanya yang ikut event trail memang nggak sebanyak road sih. Total anak asuh di program Tora Tora Tahura ini sebanyak 15 orang. Kami dilatih oleh Fandhi Achmad atau yg biasa dipanggil Kang Agi lewat FAST (Fandhi Achmad School of Trail).

Training plan yang kami terima cukup mengejutkan untuk saya. Biasanya kalau melihat training plan dari luar negeri, kebanyakan akan fokus pada mileage. Sedangkan plan dari FAST lebih besar porsi strength training khususnya untuk otot2 core dan cross training seperti wall climbing, gym, renang, dan sepeda. Latihan lari ke trailnya sendiri hanya 1x per bulan. Tujuan FAST membuat plan seperti ini agar peserta tidak bosan ketemu menu lari terus-menerus. Make sense.

Kemudian Kang Agi mengajak kami jogging bersama. Definisi jogging di plan adalah antara pace 6 – 7 /km. Untuk saya yang biasa jogging di pace 8 – 9 /km pastinya berat. Jadi saya pakai kesempatan ini untuk “mencicipi” seperti apa latihannya nanti, sekaligus adaptasi ke gaya latihan baru.

Benar saja, proses latihan dari Kang Agi di luar kebiasaan saya. Pemanasan hanya full body stretch dan langsung lari. Saya mencoba konstan di pace 7, sementara yg lain sudah lebih kuat melakukan progression ke pace 6. Meski cuma 30 menit, tapi saya terpaksa harus power walk 2x. Dari sini aja sudah keliatan perbedaan level endurance saya dibanding teman2 yang lain. Artinya PR saya banyak sekali.

Selesai jogging, kami cooling down dengan berjalan kaki 1 loop (±400 meter) dan lanjut static stretching. Di kesempatan ini, Kang Agi memberikan review postur lari kami secara umum, di mana menurut dia masih banyak yang perlu diperbaiki. Saya juga bertanya mengenai nutrisi selama latihan. Jawabannya: makan yang biasa dimakan saja, 4 sehat 5 sempurna. Artinya makan whole foods jangan fast food.

That’s it sepenggal cerita dari kick off meet Tora- Tora Tahura semalam. Kami akan mulai hari pertama latihan di hari Senin. See you out there!

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.