Pelajaran Trel & Ultra dari Seorang Veteran

header_pelajarantrelultraveteran

Saya ketemu bacaan bagus tentang lari trel & ultra, yang ditulis di FB oleh Michael Strzelecki. Ia adalah seorang pelari veteran dengan pengalaman lebih dari 30 tahun. Menurut saya, 10 dari 15 poin di tulisan Michael cukup relevan khususnya bagi pemula seperti saya. Untuk itu saya akan coba sadur sebaik mungkin ke dalam bahasa Indonesia.

Lanjutkan membaca “Pelajaran Trel & Ultra dari Seorang Veteran”

Iklan

Update latihan MAF (13-01-17)

header_mafupdateMasih di tahap awal banget tapi ada poin2 ini yang lumayan signifikan untuk diangkat.

  1. Dulu betis gampang tegang. Semenjak MAF nggak tegang. Tandanya kapasitas aerobik saya rendah banget. Pace nggak seberapa tapi udah masuk anaerobik.
  2. Kalo frekuensi lari bertambah, di Ambit3 ada saran recovery time-nya. Anehnya meski angka jam awalnya tinggi, tapi penurunannya cepat. Semalam recovery disarankan 20+ jam. Bangun pagi recovery sisa 4 jam aja. Aneh.
  3. Kalo lagi lari, narik nafas dalam-dalam malah bikin heart rate cepat naik. Begitu nafasnya pendek-pendek heart ratenya nggak cepat naik.
  4. Butuh cari tahu gimana caranya supaya bisa bikin pikiran dalam zen state pas lagi lari. Supaya bisa dapat feelnya lari konstan di angka MAF.
  5. Butuh belajar cara bertahan di angka MAF pas lagi lari di kondisi uphill dan downhill.

 

View on Path

[RANT] Ke Mana Paket Gue?!

Kebiasaan gw ngaktifin paket SocialMax dari menu *363# atau *999#. Tau2 tadi pas tahap konfirmasi kok jadi ada embel2 kuota video Hooq segala.

Udah gw baca instruksinya berkali2, udah gw cari tau infonya lewat PC, tetep ga jelas kenapa jadi berubah gini paketnya.

Trus gw baca kata2 tentang app MyTelkomsel. Akhirnya gw coba install, siapa tau lebih jelas di sana informasinya.

Ternyata bener lebih lengkap di app. Paket yg biasa gw aktifin itu sekarang ada bonus kuota 4G sama kuota Hooq tanpa biaya tambahan. Perincian paketnya juga ada jelas pas mau beli paketnya.

Nah begini dong dari tadi. Kan jelas jadinya. Tapi tetep aja gw kesal kenapa infonya ngga ada di website. Huh!

/rant off

View on Path

Mengenal Over Striding

Ini foto Galen Rupp, pelari tingkat olympic. Di foto ini cukup jelas tergambar mengenai over striding, atau kaki melangkah terlalu jauh di depan badan.

Yang dilakukan Rupp di foto ini BUKAN over striding.

Meski pahanya mengangkat tinggi dan lututnya berada di depan badan, tapi posisi tulang kering tidak mengayun MELEBIHI lutut. Dengan postur seperti ini, bisa dipastikan kaki akan mendarat di bawah / tidak jauh dari badan yang menjadi titik sentral massa.

Manfaatnya, pelari bisa mengurangi bahkan menghindari cedera shin splint maupun lutut.

Kaitannya dengan heel strike adalah heel striking cenderung over striding. Tapi kalau nggak over striding, heel striking nggak jadi masalah.

Semoga bermanfaat!

View on Path

Mini update pertengahan 2016

Udah waktunya (banget!) saya kasih update setelah sekian lama ngga ada artikel baru.

Pertama: LATIHAN MARATHON ITU SUCKS! Fiuh… Oke, uneg-unegnya sudah keluar. Mungkin karena saya latihan sendiri jadinya ngga ada variasi. Tapi demi ikut sebagai virgin full marathon di ajang Bali Marathon bulan Agustus nanti, persiapannya mau ga mau wajib saya lakonin.

Lanjut! Beberapa artikel yang hampir pasti akan saya publish antara lain:

  1. Berlatih untuk marathon dengan aplikasi.
  2. Impresi Jakarta Wine & Cheese Run 2016.
  3. Pronator / Supinator: begini cara lihatnya.
  4. Impresi Jakarta International 10K 2016.
  5. Mencari sepatu lari baru (edisi mid 2016).

That’s it. Apakah ada hal lain yang kalian ingin tahu dan ingin saya tulis? Silakan tulis di comment supaya bisa saya pertimbangkan. Thanks, guys!