Uji Konsumsi BBM New Terios 2013


Uji konsumsi BBM kali ini merupakan update dari artikel sebelumnya. Hasil yang mau saya cari adalah jawaban dari pertanyaan: “Seberapa irit / boros sih New Terios 2013 ini?” Jadi bisa dibilang artikel ini sedikit banyak semacam review lah.

Beberapa catatan yang perlu diingat di awal :
1. Mobil yang dipakai untuk test bertransmisi otomatis.
2. Tahap pertama uji konsumsi pakai Pertamax dan Shell Super (oktan sama).
3. Tahap kedua uji konsumsi pakai Premium.

Tahap 1: Pertamax

Di tahap pertama, secara konstan mobilnya diisi Pertamax. Untuk performa luar kota: PP Bandung via tol Cipularang + beberapa perjalanan singkat, New Terios 2013 TX AT tercatat bisa minum hingga 12 km per liternya. Sedangkan penggunaan harian di dalam kota minumnya bisa 8 – 9 km per liter. Bukan angka yang fantastis, tapi bukan juga angka yang jelek. Terlebih kondisi macet Jakarta di jam berangkat dan pulang kantor betul-betul mustahil untuk penerapan eco driving.

Selama satu bulan penuh saya hanya mengisi BBM kelas Pertamax. Jadi dapat estimasi biaya BBM bulanannya juga. Selama periode Desember 2013 sampai Januari 2014, harga beli BBM kelas Pertamax ada di antara Rp 11.000 – Rp 12.000 per liter. Di dalam catatan, saya melakukan 6x pengisian di SPBU Pertamina dan Shell. Total biaya yang saya keluarkan sebesar Rp 1.200.000.

Tahap 2: Premium

Di tahap kedua, Terios hanya saya isi pakai Premium. Penggunaan lebih banyak dalam kota, apalagi Jakarta lagi sering banget hujan dan banjir. Harga jual Premium Ro 6.500 per liter, hampir setengahnya Pertamax, terus terang bikin hati sedikit tenang kalau mampir ke SPBU untuk ngisi BBM. Terutama sewaktu masih dalam keadaan nyicil mobil yang angka bulanannya lumayan bikin tepok jidat. Tapi bagaimana dengan konsumsinya? Karena sepengalaman saya di motor, pakai Pertamax justru lebih irit.

Pengujian kali ini sedikit lebih sistematis. Pengisian pertama di hari Minggu tanggal 26 Januari 2014 sampai penuh, dengan biaya Rp 260.000. Setelah mobil dipakai selama satu minggu, indikator BBM di speedometer menunjukkan masih ada 3 bar. Tadinya saya mau tunggu sampai tanda kelap kelip lagi sebelum mengisi, tapi saya urungkan niat itu karena tadi pagi indikatornya sudah menunjukkan 2 bar. Kalau saya paksain sampai kelap-kelip sepertinya bisa bertahan sampai hari Selasa.

Saya isi lagi pakai Premium sampai penuh, dapat 35,38 liter dengan biaya Rp 230.000. Angka di Trip B yang saya jadikan patokan menunjukkan 313.6 km. Hasilnya dapat angka 8,86 km per liter. Bedanya nggak jauh dengan Pertamax, tapi di kantong bakalan beda banget. Dengan asumsi ngisi bensin seminggu sekali dan dalam sebulan ada 4 minggu, maka estimasi biayanya 4 x 230.000 = Rp 920.000.

Kesimpulan

Hasil uji konsumsi BBM di Daihatsu New Terios 2013 TX AT bisa dibilang sama dengan konsumsi BBM rata-rata pengguna Terios lainnya, yaitu di angka 8 – 9 km/l dalam kota dan 12 km/l luar kota. Referensi saya dari pengakuan di diskusi di forum Kaskus (search: K~RushTer). Lalu estimasi biaya bulanan untuk isi BBM bisa dikatakan antara Rp 800.000 hingga Rp 1.200.000, tergantung intensitas penggunaan mobilnya.

Apakah angka segitu boros atau irit? Menurut saya sih angka yang wajar. Jelas ngga irit, tapi ngga bisa dibilang boros juga. Sayangnya sering kali orang ngebandingin mobil tanpa ngelihat jenis mobilnya. Itu sih sama aja ngebandingin apel dengan jeruk. Jangan lupa juga untuk memperhitungkan bobot kendaran, kondisi lalu lintas, dan kebiasaan cara injak pedal gas.

9 thoughts on “Uji Konsumsi BBM New Terios 2013

Your comments

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s